Antisipasi Dampak Bencana, PUPR Gandeng BMKG

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jakarta, PONTAS.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggandeng Badan Metereologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk mencegah kerusakan proyek infrastruktur akibat bencana. Kementerian PUPR membutuhkan informasi bencana dari BMKG

“Di Kementerian PUPR, saya ingin membawa BMKG tidak hanya bicara bencana. Khususnya dalam rangka pembangunan infrastruktur sampai kepada operasinya jadi harusnya bekerjasama dengan BMKG,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam sebuah diskusi di gedung BMKG, Jakarta, Jumat (26/1/2018) kemarin.

Basuki menjelaskan saat ini pihaknya telah memiliki peta gempa yang baru sebagai acuan perencanaan pembangunan infrastruktur. Dengan peta gempa ini biaya pembangunan, kata Basuki cenderung lebih mahal, tetapi lebih aman.

“Dalam menyusun peta gempa itu dipakai untuk pembangunan gedung, jembatan, dan bendungan misalnya,” lanjut Basuki.

Selain itu, Basuki mengaku pihaknya pun membutuhkan data mengenai ramalan cuaca karena pembangunan infrastruktur bergantung pada cuaca. “Kami butuh peramalan dan prediksi cuaca, karena waktu kerja kami tergantung pada cuaca,” ujarnya.

Selain itu, kata Basuki, kerja sama dengan BMKG juga dibutuhkan untuk memprediksi kekeringan, sebab selama ini Kementerian PUPR hingga saat ini kerap kesulitan untuk memprediksi bencana kekeringan.

Itu sebabnya, ketika terjadi bencana, pembangunan infrastruktur harus dimulai dari nol lagi. “Sehingga dengan informasi dari BMKG, dapat mempercepat ketersediaan infrastruktur,” tandasnya.

Sebagai informasi, Data BNPB 2017 mencatat kecenderungan bencana hidrometerologis meningkat. Untuk bencana banjir sebanyak 787 kejadian, puting beliung 716, tanah longsor 716, dan kebakaran hutan 614 bencana.

Akibat dari kejadian tersebut, 47.442 unit bangunan rumah rusak, 365.194 terendam banjir, 2.083 unit bangunan fasilitas umum rusak (1.272 fasilitas pendidikan, 898 tempat peribadatan dan 113 fasilitas kesehatan).

Editor: Hendrik JS

Previous articleTuan Rumah Piala AFC, Jakmania Diminta Jaga Fasilitas SUGBK
Next articleMourinho: Gaji Sanchez Tidak Mahal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here