Transportasi Becak Harus Diberi Ruang Kembali

Moda Transportasi Becak

Jakarta, PONTAS.ID – Moda transportasi masyarakat yang ada di lingkungan perumahan yaitu Becak kembali lagi beroperasi, Tak ayal Nies baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta menghidupkan kembali becak di ibu kota. Becak-becak ini disebut hanya akan beroperasi di jalanan perkampungan Jakarta.

Sebelumnya Anies mengatakan, Anies mengatakan bahwa, becak hanya akan beroperasi di jalanan kampung. Oleh karena itu dia yakin aturan baru berupa pergub tidak akan melanggar Perda Nomor 8 Tahun 2007.Terlepas dari banyaknya pro dan kontra terkait wacana ini,

Pengamat transportasi Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) Azas Tigor Nainggolan mengatakan, becak seharusnya diberi ruang kembali ada di Jakarta. “Boleh juga asal ada regulasi dan konsisten mengawasinya. Becak itu manusiawi dan ramah lingkungan juga menghidupkan transportasi tanpa motor seperti sepeda,” kata Tigor selaku pengamat transportasi Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) , jakarta, Rabu, (17/1/18).

Sekitar tahun 1998-2000 becak kembali diberi ruang masuk Jakarta oleh gubernur Jakarta Sutiyoso. Alasan Sutiyoso memberi ruang becak kembali saat itu sebagai salah satu alternatif pekerjaan kaum miskin kota Jakarta di masa krisis ekonomi.

Tetapi sekitar tahun 2001 kembali becak diberangus dari Jakarta oleh gubernur Sutiyoso dan memang becak hampir habis. Saat sekarang masih ada becak beroperasi di beberapa lokasi di Jakarta secara sembunyi-sembunyi dan terbatas. Becak memang masih dibutuhkan sebagai alat transportasi jarak pendek di kawasan pemukiman.

“Selain itu becak juga bisa dijadikan alat transportasi di beberapa titik tempat wisata kota Jakarta. Beberapa tahun lalu di Ancol pernah ada becak sebagai alat transportasi wisata,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here