25 Blok Migas Akan Dilelang Kementerian ESDM

25 Blok Migas Akan Dilelang Kementerian ESDM, (Foto:Ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah menyiapkan 25 wilayah kerja (WK) atau blok minyak dan gas bumi (migas), untuk dilelang pada tahun ini.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, setelah melakukan pendataan, blok migas yang siap untuk dilelang pada tahun ini ada 25 blok‎. Jauh lebih banya ketimbang tahun lalu yang tercatat 15 blok migas.Blok-blok migas yang akan dilelang itu merupakan blok-blok lama yang sebelumnya tidak laku. Meski begitu, kini 25 blok migas tersebut sudah melalui tahap evaluasi dan dinilai menarik untuk dilelang. Bahkan beberapa diantaranya adalah hasil studi bersama (joint study) pemerintah dengan kontraktor.

“Totalnya 25, itu yang sudah dievaluasi,” kata Arcandra selaku Wakil Menteri ESDM, Jakarta, Rabu, (17/1/18).

Menurut Arcandra, 25 blok migas tersebut konvensional, terdiri dari blok migas baru, studi potensi bersama dengan perusahaan pencari migas atau Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) dan blok yang pernah dilelang namun tak laku.

“WK baru, lama-lama, join study juga ada‎. Konvensional semua ya,” ujarnya.

Arcandra melanjutkan, lelang 25 blok migas akan dilakukan pada Februari 2018. Blok migas yang dimenangkan lelangnya akan menggunakan skema bagi hasil migas gross split‎.

Hal ini diharapkan dapat mendorong investor mengikuti lelang. “Bulan Februari, sekitar pertengahan Februari. Dengan gross split sebenarnya insentif dari gross split semua kan,” tutup Arcandra.

Sepanjang tahun 2001 hingga 2016, lelang blok migas terbanyak pernah terjadi pada 2008. Jumlahnya sebanyak 56 blok migas konvensional dilelang. Dari jumlah itu laku 38 blok.

Namun setelah itu blok migas yang dilelang terus menyusut. Tahun 2013 misalnya blok migas konvensional yang dilelang sebanyak 18 blok dengan laku lima blok. Sementara tahun 2014 turun menjadi 13 blok dan laku sebanyak delapan blok.

Previous articleWK Mahakam Resmi Dikelola BUMN
Next articleMU Bakal Perpanjang Kontrak Mourinho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here