Pengganti Ketua DPR Diharapkan Miliki Integritas

Jakarta, PONTAS.ID – Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Nurhayati Ali Assegaf mengatakan ketua DPR pengganti Setya Novanto harus memiliki integritas, kemampuan, dan memiliki jiwa kepemimpinan. Namun, siapa orangnya, itu merupakan wewenang/domain internal Partai Golkar.

“Lembaga DPR kan lembaga publik, lembaga yang mewakili aspirasi rakyat banyak. Tentunya, masyarakat berharap banyak terhadap ketua DPR baru yang akan ditunjuk oleh Partai Golkar.” kata Nurhayati, Senin (8/1/2018).

Nurhayati mengatakan, Partai Golkar harus mempertimbangkan beberapa kriteria sebelum menentukan nama ketua DPR, hal itu untuk memperbaiki citra Partai Golkar dihadapan publik. Menurut politikus wanita ini, kriteria pertama adalah memiliki integritas yang baik, tidak memiliki problem hukum dan tidak pernah diberitakan trkait masalah hukum khususnya kasus dugaan tindak kejahatan korupsi.

“Kedua, ketua DPR adalah sosok yang harus memiliki kapabilitas. Karena integritas saja tidak cukup tanpa dibarengi dengan kapabilitas yang memadai,” ujarnya.

Ketiga menurut dia, ketua DPR adalah soal seberapa baik dia punya kemampuan memimpin atau leadership dan seberapa baik mampu memimpin anggota DPR. Sebelumnya, Setya Novanto menyatakan mundur dari posisinya sebagai ketua DPR namun hingga saat ini Partai Golkar belum menunjuk pengganti Novanto.

Ada beberapa nama kader Partai Golkar yang disebut-sebut akan menjadi Ketua DPR menggantikan posisi Novanto. Kandidat tersebut antara lain Sekretaris Fraksi Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita, Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo, Ketua Banggar DPR Azis Syamsuddin, Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali, dan mantan ketua Fraksi Partai Golkar Kagar Muzakir.

Previous articleImigrasi Incar Pengganggu Aplikasi Paspor
Next articleMaju di Pilgub, Polri Tunggu Pengunduran Diri Anto Charliyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here