Duh.! FaceBook Perketat Keamanan Pakai Selfie

Jakarta, PONTAS.ID – Media sosial Facebook dikbarkan mulai meminta pengguna berfoto selfie (swafoto) untuk memverifikasi identitas. Informasi ini didapat dari sejumlah pengguna Facebook yang diminta mengunggah foto wajah mereka saat ingin login.

Para pengguna Facebook yang mengalami kejadian ini lantas mengunggah screenshot permintaan selfie Facebook melalui Twitter.

Dari penelusuran, screenshot tersebut menampilkan sebuah halaman khas Facebook yang bertuliskan kalimat yang meminta pengguna mengunggah foto yang menunjukkan wajah pengguna dengan jelas, “Kami akan memeriksa dan menghapus foto tersebut dari server secara permanen,” tulis Facebook.

Sistem baru ini lantas menuai sejumlah protes dari netizen. Akun @flexlibris menulis bahwa Facebook mengunci fitur akun, lalu menuntut pengguna untuk ‘memverifikasi’ akun untuk masuk kembali dengan memindai foto wajah mereka,” tulis akun itu disertai bukti screenshot.

Ini Kata Facebook

Mendapat protes dari pengguna, berdasarkan sebuah pernyataan yang dilansir Phone Arena, Sabtu (2/11/2017),  juru bicara Facebook  menjelaskan bahwa tes foto merupakan bagian dari beberapa metode Facebook saat mendeteksi adanya aktivitas yang mencurigakan.

Facebook mencontohkan saat pengguna mengakses Facebook ketika bepergian ke luar negeri, Facebook mendeteksi IP (alamat internet) asing yang tidak biasa digunakan Login oleh penggunanya. Karena itu dianggap mencurigakan.

“Kemanan ini mengacu pada layanan ‘bantu kami menangkap aktivitas yang mencurigakan di berbagai titik interaksi di situs ini, termasuk membuat akun, mengirim permintaan teman, menyiapkan pembayaran iklan, dan membuat atau mengedit iklan'” jelasFacebook.

Namun soal pengertian aktivitas mencurigakan, Facebook enggan berkomentar, “Sebab jika Facebook membocorkannya, bisa saja terjadi manipulasi sistem oleh orang tidak bertanggung jawab,” katanya menutup.

Editor: Hendrik JS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here