Jakarta Terdampak Siklon Tropis Cempaka, Waspadai Cuaca Ekstrem 3 Hari ke Depan

Jakarta, PONTAS.ID – Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya terdampak siklon tropis Cempaka. Siklon tropis yang tumbuh sangat dekat dengan pesisir selatan Pulau Jawa ini berhasil dideteksi oleh Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Senin (27/11/2017) malam.

“Adanya siklon tropis Cempaka di wilayah Perairan sebelah Selatan Jawa Tengah mengakibatkan perubahan pola cuaca disekitar lintasannya. Dampak yang ditimbulkan adanya siklon tropis Cempaka berupa cuaca ekstrem,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo, Selasa (28/11/2017).

Mulyono melanjutkan, cuaca ekstrem yang ditimbulkan akibat siklon tropis cempaka antara lain potensi hujan lebat di berbagai wilayah, termasuk Jakarta selama tiga hari ke depan.

“Potensi hujan lebat di berbagai wilayah termasuk Jakarta. Wilayah lainnya yaitu Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur,” sebutnya.

Tak hanya itu, angin kencang berpotensi mengiringi hujan lebat di sejumlah wilayah. Ia menyebut, angin kencang yang terjadi diperkirakan mencapai 30 knot.

“Ada juga potensi gelombang angin tinggi. Oleh sebab itu saya ingatkan para nelayan tradisional untuk waspada,” tuturnya.

Karena siklon tropis cempaka diperkirakan masih akan bertahan hingga tiga hari ke depan, masyarakat dihimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan.

“Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang pohon tumbang dan jalan licin,” sebutnya.

Mulyono menambahkan, aktivitas penerbangan di beberapa bandara di Pulau Jawa juga berpotensi terpengaruh akibat hujan dan angin kencang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here