Kompak, Ratusan Warga RW 06 KGT Antusias Ikuti Pawai Obor Dengan Nuansa Putih

Jakarta, PONTAS.ID – Peringatan Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah (1 Muharram 1446 H/2024 M) jatuh pada tanggal 7 Juli 2024 disambut suka cita oleh Ratusan Warga RW 06 Kelapa Gading Timur (KGT). Mereka memeriahkan tahun baru islam memakai pakaian bernuansa putih sambil berjalan kaki memegang obor mengelilingi zona RW 06 tersebut.

“Ini sudah menjadi tradisi kami dalam menyambut tahun baru islam, pawai obor ini juga wujud bentuk siar menyambut tahun baru, agar Tahun Baru Islam ini tidak kalah menariknya dengan Tahun Baru masehi,” ujar Ketua RW 06, Ahmad Dimyati Kepada PONTAS.id di sela Acara berlangsung, sabtu Malam (6/7/2024).

Menurutnya, selain memeriahkan tahun baru islam, pawai obor keliling ini menjadi ajang silahturahmi antar RT dan masyarakat setempat. “Jadi dengan menggelar giat ini diharapkan tali persaudaraan antar warga tetap terjaga,” ujarnya

Di tempat yang sama, salah satu peserta pawai obor bernama Linda (30) mengatakan sangat mendukung program RW 06 dalam memeriahkan tahun baru islam. Pasalnya, ini bisa menambah ghiroh kecintaan anak-anak ataupun dewasa terhadap nilai-nilai Pendidikan Islam.

“Kita tau bahwa sejak awal perkembangannya, agama Islam di Indonesia telah menerima akomodasi budaya. Pendekatan agama dengan menggunakan unsur-unsur kebudayaan yang ada dalam masyarakat sering kali efektif dalam menyampaikan dakwah agama Islam, salah satunya Pawai Obor yang digelar RW 06 ini,” tuturnya

Pantauan PONTAS.id di lokasi, kegiatan pawai obor dilakukan dengan keliling zona RW 06 dan berakhir di Masjid Ar Rahman. Saat pawai obor, terdengar sholawat dan pujian kepada Rasulullah SAW dari masyarakat RW 06 yang mengikuti kegiatan tersebut.

Untuk menambah kemeriahan pawai obor, mereka juga memainkan alat musik rabana dan gendang. Kegiatan pawai obor 1 Muharram ini diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.

Penulis: Rahmat Mauliady

Editor: Fajar Virgiawan Cahya

 

 

Previous articleBamsoet: Aneh Kalau Ada yang Mempertanyakan Gelar S2 Saya
Next articlePersoalkan Materi Tartib DPD 2024, Anggota: Terdapat Pasal Titipan Pihak Luar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here