DPD RI Diminta Fokus Urus Pembangunan-Kemajuan Daerah

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengajak anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mengurangi perdebatan terkait penguatan DPD lewat mekanisme perubahan konstitusi. Menurutnya untuk mengubah konstitusi bukan perkara mudah, lantaran perlu pembahasan mendalam dengan berbagai kelompok masyarakat.

Fadel mendorong anggota DPD agar lebih fokus mengurusi program pembangunan daerah, dan menjadikan kemajuan daerah sebagai fokus tugas utama. Mulai dari melakukan pembahasan program pembangunan dengan gubernur dan mengikutsertakan menteri terkait, mengupayakan program dari pusat ke daerah, hingga memperjuangkan aspirasi daerah ditingkat pusat.

“Dari semua pembahasan yang dilakukan selama ini, kemudian usulan para pakar dan masukan serta pemikiran daerah, sebaiknya DPD fokus menatap masalah pembangunan daerah, dan itu jadi tugas pokoknya. Yaitu, membantu memperlancar program pembangunan daerah,” ungkap Fadel

DPD, kata Fadel, tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan energi untuk membahas tugas dan kewenangan yang sudah menjadi tupoksinya DPR RI. Seperti masalah presiden independen yang dulu pernah disuarakan.

“Fokus saja pada tupoksi, dan membantu menyelesaikan persoalan-persoalan di daerah, itu saja kalau dilakukan dengan baik, pasti membutuhkan waktu, tenaga hingga pikiran kita,” pungkasnya.

Previous articlePersoalkan Materi Tartib DPD 2024, Anggota: Terdapat Pasal Titipan Pihak Luar
Next articleBamsoet Dukung Pembuatan Film ‘Pinjam 100’, yang Tayang Awal 2025

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here