Orang Tua Harus Menjadi Teladan dalam Menerapkan Nilai Kebangsaan dalam Kehidupan Sehari-hari

Ambon, PONTAS.ID– Dalam upaya memperkuat kesadaran dan pemahaman tentang dasar-dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono menggelar sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang dihadiri oleh guru dan orang tua dari siswa berbagai kelas di SDN 4 Hative Besar, Teluk Ambon, Kota Ambon, Jumat (14/6/2024).

Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono, dalam paparannya menyampaikan bahwa Empat Pilar Kebangsaan adalah fondasi utama yang harus ditanamkan sejak dini. “Anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Menanamkan nilai-nilai kebangsaan sejak usia dini sangat penting agar mereka tumbuh menjadi warga negara yang cinta tanah air, berkarakter, dan memiliki integritas,” ujar Nono Sampono.

Nono Sampono juga menekankan pentingnya Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai fondasi utama yang harus ditanamkan sejak dini kepada generasi muda.

“Menanamkan nilai-nilai ini sejak dini kepada anak-anak melalui sosialisasi yang efektif di sekolah dasar dapat membentuk karakter yang kuat dan berintegritas. Untuk itu, peran guru dan orang tua sangat penting dalam menyampaikan dan menanamkan nilai-nilai ini kepada anak-anak di sekolah dasar,” ujarnya.

Menurut Nono Sampono, sosialisasi Empat Pilar MPR RI bertujuan agar para guru dan orang tua dapat menjadi contoh bagi anak-anak dalam memahami dan menghayati nilai-nilai kebangsaan, serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Guru memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai Empat Pilar kepada siswa. Sebagai pendidik, guru tidak hanya berfungsi sebagai pengajar mata pelajaran tetapi juga sebagai pembimbing moral dan etika. Orang tua juga memiliki peran yang tidak kalah penting dalam menanamkan nilai-nilai Empat Pilar kepada anak-anak. Pendidikan karakter yang kuat harus dimulai dari lingkungan keluarga.

“Orang tua harus menjadi teladan dalam menerapkan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak cenderung meniru perilaku orang tua mereka, sehingga penting bagi orang tua untuk menunjukkan sikap toleransi, menghargai perbedaan, dan mencintai tanah air,” jelasnya.

Dengan kerjasama antara guru dan orang tua, nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dapat ditanamkan dengan efektif dalam diri anak-anak sejak dini. Hal ini diharapkan dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang siap menghadapi tantangan masa depan dengan landasan moral dan etika yang kokoh.

“Guru dan orang tua adalah pilar utama dalam pendidikan karakter anak-anak. Melalui peran aktif mereka, nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dapat ditanamkan secara efektif dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Nono Sampono.

Previous articleObjek Sengketa Lahan Dago Elos Salah, BPN Bandung Bungkam
Next articlePerbaikan Fasyankes di Indonesia Timur Harus segera Dilakukan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here