Soal Paradigma Baru buat Kebut Pembangunan Daerah, Ini Kata Fadel Muhammad

Fadel Muhammad
Fadel Muhammad

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengungkapkan paradigma collaborative governance yang berorientasi kepada entrepreneurial governance harus dimiliki pemerintah.

Menurutnya, melalui paradigma tersebut pemerintah dapat membentuk daerah yang kuat serta mampu memaksimalkan potensi kekayaan lokal.

Dalam sambutannya di acara Halal Bihalal Himpunan Warga Gorontalo (HWG) dan Ikasmansa di Bandung pada hari ini, Fadel menuturkan paradigma collaborative governance merupakan paradigma baru di dunia yang dapat memberikan dampak positif terhadap percepatan pembangunan di daerah.

“Ini adalah paradigma baru di dunia, yang menurut saya sangat baik dan berdampak positif buat percepatan pembangunan di daerah jika diimplementasikan,” ujar Fadel, Jumat (10/5/2024).

Pemikiran mewujudkan paradigma tersebut dilontarkan Fadel usai dirinya dipastikan terpilih kembali menjadi anggota DPD RI periode 2024-2029 dalam kontestasi Pemilihan Anggota DPD RI Provinsi Gorontalo pada Pemilu 2024.

Tercatat, Fadel berhasil meraih suara tertinggi hasil rekapitulasi suara KPU Provinsi Gorontalo, yakni, 242.732 suara, dengan persentase sebesar 32,60 persen.

“Di periode mendatang, saya akan berupaya lebih maksimal mewujudkan Gorontalo menjadi daerah yang kuat dan mampu mensejahterakan rakyatnya. Salah satu keinginan saya dengan mewujudkan paradigma itu,” ucapnya.

Sementara itu, Fadel menyampaikan keberhasilan penerapan paradigma collaborative governance sebagai strategi baru dalam tata kelola pemerintah bergantung pada para pemangku kebijakan daerah.

Keberhasilan dapat teraih sempurna apabila para pemangku kebijakan daerah dapat berkumpul mensinergikan visi dan misi untuk membuat sebuah konsensus bersama.

“Saat ini, saya mendengar banyak tokoh daerah Gorontalo menjadi pembicaraan karena berpotensi memegang berbagai jabatan tinggi nasional. Itu bagus menurut saya, karena memang banyak sekali tokoh yang berpotensi,” kata Fadel.

Lebih lanjut, Fadel menyampaikan pemilihan pemangku jabatan eksekutif seperti gubernur menjadi tantangan bagi masyarakat Gorontalo. Dirinya menyebutkan gubernur adalah elemen utama yang dapat menentukan perwujudan paradigma yang disampaikannya.

“Makanya saya ingatkan kepada rakyat Gorontalo, sebentar lagi akan tiba pemilihan. Gubernur dalam ajang kontestasi Pilkada 2024. Saya harap hati-hati dalam memilih. Pilihlah yang memiliki latar belakang bagus dan dikenal sangat memperhatikan rakyat. Saya sendiri banyak memantau siapa-siapa saja tokoh daerah yang layak dan memiliki kapabilitas tinggi menjadi Gubernur. Saya berharap para tokoh daerah dan tokoh nasional asal Gorontalo, jangan ragu bangkit maju ke depan untuk kemajuan bersama,” paparnya.

Previous articleSiti Fauziah Ajak Mahasiswa Amalkan Pancasila-Pertahankan Jati Diri Bangsa
Next articleKehadiran Superyacht Beri Pengalaman Wisata Menarik di RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here