Cegah Stunting, Bupati Tapsel Minta Orang Tua Beri Perhatian Ekstra

Tapanuli Selatan,PONTAS ID – Selain Pemerintah Pusat Persoalan stunting merupakan implementasi visi Kabupaten Tapanuli Selatan yakni, “Tapsel Yang Maju Berbasis Sumber Daya Manusia Pembangun Yang Unggul, Sehat, Cerdas dan Sejahtera”Sabtu, (4/3/2023).

Hal tersebut dibuktikan Bupati Tapsel Dolly Pasaribu, seperti halnya memberikan perhatian untuk tumbuh kembang balita dengan membagikan makanan tambahan di Puskesmas. Kali ini Bupati mengunjungi dua puskesmas di Kecamatan Angkola Barat dan Marancar pada Jumat (3/3/2023) lalu.

“Mari lihat stunting dari perspektif lain, bahwa anak-anak yang diduga penderita adalah anak-anak yang harus kita selamatkan, dan kita beri perhatian lebih. Oleh karena itu kami mengimbau kepada orang tua untuk memberi perhatian ekstra lebih sejak dalam kandungan 1000 hari kehidupan,” ucap Dolly.

Bupati juga mengingatkan kepada orang tua mengenai perkembangan organ, otot dan otak balita kurang dari 59 bulan agar diberikan perhatian super ekstra dengan memberikan gizi yang cukup.

“Masa-masa emas ini merupakan masa penting dan krusial yang mempengaruhi masa depan anak dan keluarga,” ujar Dolly.

Bupati juga mengajak para orang tua agar membawa anak mereka secara rutin ke Posyandu, melakukan kesehatan anak secara rutin.

“Mulai dari kehamilan, melahirkan, bayi berumur 0 sampai 59 bulan, juga di fase-fase selanjutnya, pola gizi dan pola asuh yang diberikan kepada anak disesuaikan, dan hal itulah kita berikan pemahaman kepada para orang tua,” terang Dolly

Terakhir Bupati mengingatkan 4 Faktor yang harus diketahui para orang tua penyebab terjadinya stunting diantaranya pertama, kurangnya pengetahuan gizi yang baik saat hamil dan melahirkan, kedua, pelayanan pemeriksaan kehamilan yang kurang berkualitas, ketiga, akses makanan bergizi yang kurang dan keempat, kurangnya akses air bersih serta sanitasi yang dapat mempengaruhi impeksibel ulang pada perkembangan anak.

Sebagai informasi Selain membagikan makanan tambahan, Bupati juga menyempatkan diri membagi beberapa lembar Kartu Keluarga (KK) Akta Kelahiran (AK), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada warga yang sudah selesai perekaman lewat pelayanan Disdukcapil di Kantor Camat mereka.

Turut hadir Kadis PP&KB, Kadis Kesehatan, Ka Bappeda, Kadis Dukcapil, Kadis Sosial, Kabid Pembinaan SD, Sekretaris Perdagangan dan Koperasi UKM, Camat Angkola Barat dan Marancar serta Kapus Angkola Barat dan Marancar

Penulis: M.Suryadi
Editor: Rahmat Mauliady

Previous articleSalurkan Bantuan di Dapil, Anis Berikan Drone dan Bola Volly untuk Masyarakat Jakarta Timur
Next articleBuka Raker dan Pelantikan PC/PAC Fatayat NU, MPR: Rapatkan Barisan untuk Menjawab Tantangan ke Depan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here