Ormas Perempuan Islam Harus Berorientasi Pada Empati, Simpati Bukan Membuat Antipati

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid atau HNW mengungkapkan bahwa sebagai umat Islam, baik laki2 maupun perempuan, melakukan kegiatan pemberdayaan Umat baik secara sosial maupun dakwah juga merupakan bentuk amal ibadah yang harus dijaga kuantitas dan kualitasnya. Melakukan dakwah bisa dilakukan secara perorangan atau melalui organisasi. Salah satunya, melalui ormas perempuan yaitu PP Persaudaraan Muslimah (Salimah).

Namun, HNW menegaskan, melalui media apapun terutama organisasi perempuan seperti Salimah, pemberdayaan Umat melalui dakwah Islam harus berorientasi pada merekatkan persaudaraan, pertajam empati, simpati, dengan meningkatkan upaya untuk memahami kondisi dan kontribusi serta kolaborasi mengatasi masalah dan memaksimalkan peluang untuk sebesar-besar maslahat dan manfaat bagi Umat dan bangsa. Bukan malah berorientasi kepada menthogutkan, mengkafirkan, membidahkan dan bahkan membuat ‘barrier’ sehingga muncul antipati dari umat dan bangsa terhadap gerakan pemberdayaan Umat melalui ormas perempuan Islam spt Salimah ini.

Hal tersebut disampaikan Pimpinan MPR dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, saat menerima dan berbincang dengan perwakilan PP Persaudaraan Muslimah (Salimah) yang dipimpin Ketua Umum Ir. Etty Pratiknyowati, di Ruang Kerja Wakil Ketua MPR, Gedung Nusantara III, Kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/1/2023).

Lebih jauh, Wakil Ketua Majelis Syura PKS ini mengapresiasi ormas Salimah. Sebagai organisasi yang belum lama dibentuk (Salimah dideklarasikan tanggal 8 Maret 2000), ormas ini mampu mendapat banyak kepercayaan dan simpati publik, sebab banyak sudah kegiatan yang sangat berdampak baik untuk umat Islam dan masyarakat pada umumnya, terutama kaum perempuan dan anak-anak bahkan kelompok Lansia. Ada juga kegiatan spesifik terkait pemberdayaan ekonomi, peningkatan kwalitas pendidikan, serta cabang2 PP Salimah yang sudah berdiri di seluruh Indonesia.

“Ini karena adanya kepercayaan dan penerimaan publik, dan hal ini pasti jug karena adanya faktor illahi yang membuka mata hati banyak pihak, untuk berkolaborasi dan berkontribusi, karena keikhlasan dan profesionalitas pengurus dan para anggotanya”kata anggota Komisi VIII DPR RI FPKS ini.

Untuk memaksimalkan peran penting dari PP Salimah, HNW mendukung kiprah PP Salimah yang sudah dipercaya dan bisa melakukan kemitraan dengan berbagai pihak seperti, Kowani, BMOIWI, DPR, MPR, Qatar Charity, Kemensos, Kemendagri.

“Untuk ke depan agar lebih kuat lagi, akan lebih baik Salimah juga mesti secara aktif menjalin komunikasi dan bersinergi dengan ormas-ormas perempuan Islam yang sudah lama eksis seperti Aisyiyah, Muslimat NU dan lainnya. Diharapkan dengan begitu akan semakin menguatkan ukhuwah atau persaudaraan dan kerjasama, karena masing-masing ormas perempuan memiliki potensi besar yang luarbiasa, jika dikonsolidir dengan baik, akan memberikan serta memaksimalkan kontribusi solusi untuk segala permasalahan umat dan bangsa yang ada,” pungkasnya.

Penulis: Herdi

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleKonstitusi Indonesia Dukung Pengembangan Ekonomi, Termasuk Ekonomi Syariah
Next articleIMI Dukung Kejuaraan Asia Pacific Rally Championship 2023 di Danau Toba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here