Alih Fungsi, Mesin Pengolah Sampah di Desa Sumuran Tak Terawat

Kondisi alih fungsi tempat pengolahan sampah di desa Seumuran, Tapsel // Foto: PONTAS. id

Tapanuli Selatan, PONTAS.ID – Tempat pengolahan sampah yang berada di Desa Sumuran kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan diduga beralih fungsi menjadi Tempat Pembuangan sampah dan dikhawatirkan mengandung limbah beracun, serta bisa mencemari ekosistem disekitarnya.

Hal tersebut langsung disampaikan aktivis pemerhati serta peduli lingkungan hidup Hamidi Harahap pada hari rabu (30/11/2022). “Kami telah melakukan Investigasi di desa sumuran kecamatan batang toru dari hasil investigasi Tim dilapangan ditemukan tempat pengolahan sampah beralih fungsi menjadi tempat pembuangan sampah,” ujarnya

Padahal menurutnya, mesin-mesin pengolah sampah tersebut bersumber dari uang negara dan tidak difungsikan sebagaimana mestinya. Apalagi, infornasi dari pekerja di lokasi tersebut menyatakan bahwa sampah yang berserakan tersebut merupakan limbah sampah dari tambang di sekitar lokasi Batang Toru.

“Parahnya lagi mesin untuk pengolah sampah dibiarkan begitu saja dan tidak terawat padahal harganya ratusan juta rupiah bahkan lebih, buang-buang uang negara saja,” tegas Hamidi harahap.

Terpisah, Ismail Candra yang juga aktivis peduli lingkungan hidup mengatakan hal senada. Menurut informasi dari masyarakat yang dijumpai di sekitar lokasi pengolahan sampah apabila musim hujan banyak air mengalir ke sungai yang digunakan masyarakat.

“Dikhawatirkan limbahnya diduga mengandung bahan kimia beracun, sehingga tidak bisa dipergunakan lagi dan ekosistem di sepanjang aliran sungai akan rusak total,” Jelas Candra

Hingga berita ini dipublikasikan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tapanuli Selatan Ongku Muda Sormin belum memberikan tanggapan, awak media mencoba konfirmasi melalui perpesanan whatsapp kepada kasi lingkungan hidup namun hanya membaca pesannya tanpa membalas atau merespon sama sekali.

Penulis: M.Suryadi
Editor: Rahmat Mauliady

Previous articleHadiri Peletakan Batu Pertama Gedung Asrama Putri Ponpes Bai Mahdi, Yandri Susanto Berbagi Kisah Perjuangan Hidup Ibunda Tercinta
Next articleBamsoet Bersama GERAK BS Kembali Salurkan Bantuan kepada Korban Gempa Cianjur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here