Pemerataan Pendidikan Hasilkan Generasi Bangsa Berkualitas

Fadel Muhammad bersama Mahasiswa Gorontalo
Fadel Muhammad bersama Mahasiswa Gorontalo

Gorontalo, PONTAS.ID – Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad menyambangi sekitar 20 mahasiswa dan mahasiswi Universitas Negeri Gorontalo penerima Beasiswa Aspirasi, di lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Gorontalo, Sabtu (19/11/2022).

Didampingi Kepala Desa Bongo Bachtiar M Yunus, Pimpinan MPR dari Kelompok DPD RI yang pernah menjabat Gubernur Gorontalo selama dua periode ini kemudian melakukan dialog di tepi pantai dengan para mahasiswa.

Kepada para mahasiswa, Fadel Muhammad menyampaikan bahwa beasiswa yang diperoleh merupakan bentuk kepercayaan yang harus dipegang teguh dengan baik, salah satu caranya dengan belajar yang giat dan rajin hingga mencapai prestasi yang membanggakan.

“Menjalani proses pendidikan itu memang bentuk perjuangan yang panjang, berat dan pasti banyak hambatan yang menghadang. Tapi, semua itu harus ditempuh dengan kesabaran, ketekunan serta kesungguhan. “Ini harus diperhatikan betul-betul oleh kalian. Walaupun berat, tapi harus terus diperjuangkan. Sebab, keberhasilan dan kesuksesan tidak bisa diraih tanpa perjuangan,” ujarnya dalam siaran pers, Minggu (20/11/2022).

Ditengah pembahasan, Fadel Muhammad melakukan dialog dengan beberapa mahasiswa. “Apa cita-cita kamu di masa depan setelah lulus perguruan tinggi?” tanya Fadel kepada seorang mahasiswi. Pertanyaan Fadel dijawab lugas, “Ingin melanjutkan pendidikan pak, setelah itu ingin jadi orang sukses seperti pak Fadel,” katanya.

“Bagus, saya senang anak muda semangat begini. Saya yakin kamu akan sukses jika kamu serius dan tidak main-main untuk meraih cita-citamu itu. Jika ada nilai jelek dalam mata kuliah atau gagal, jangan patah semangat. Segera belajar lagi, perbaiki semua kesalahan yang ada,” tegas Fadel.

Usai pertemuan, kepada awak media massa Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa setiap rakyat Indonesia semestinya memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Tapi, bagaimana dengan anak yang pintar tapi tidak memiliki kemampuan biaya untuk melanjutkan sekolah. Inilah pentingnya program beasiswa untuk terus didukung dan dikembangkan lebih luas lagi.

“Dengan adanya beasiswa, anak-anak muda kita yang tidak mampu bisa diberi kesempatan untuk bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi dan pemerataan pendidikan yang berkeadilan seperti yang diamanahkan konstitusi kita akan tercapai dan pada ujungnya akan muncul generasi bangsa yang berkualitas,” terangnya.

Soal peningkatan sumber daya manusia (SDM), Fadel mengingatkan, jangan sampai diabaikan. “Sewaktu saya masih menjabat Gubernur Gorontalo, saya upayakan membuat badan/unit kerja tersendiri untuk mengurus seputar SDM ini dan sudah banyak sekali anak-anak muda yang saya usahakan untuk mendapat beasiswa. Mengapa saya lakukan? karena sangat penting sekali. Menurut saya, sumber daya manusia adalah salah satu faktor utama yang membuat sebuah bangsa itu bisa maju,” kata Fadel.

Untuk itu, Fadel meminta pemerintah daerah Gorontalo mulai Provinsi, Kabupaten dan Kota untuk menambah program-program beasiswa dan meningkatkan lebih banyak lagi penerimanya

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleBamsoet Gelar Latihan Bersama dan Asah Ketrampilan Menembak Nasional PERIKHSA 2022
Next articleMPR Ajak Rakyat Cintai Budaya Nasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here