MPR Ajak Warga Jakarta, Menjaga dan Melestarikan Seni Budaya Betawi

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid hadir dan menyampaikan sambutan pada Penutupan Pagelaran Seni Budaya Betawi Berbasis Komunitas DKI Jakarta Tahun 2022. Acara tersebut berlangsung di depan Kantor Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Selatan, Minggu (13/11/ 2022).

Pada kesempatan tersebut, HNW sapaan Hidayat Nur Wahid juga menyerahkan bantuan program Penguatan Kearifan Lokal. Bantuan yang diberikan, itu adalah satu set alat musik Gambang Kromong, alat musik Orkes Sambrah dan bantuan penguatan ekonomi produktif kepada Sikumbang Tenabang.

Dalam sambutannya, Hidayat yang juga anggota DPR RI Dapil DKI Jakarta II meliputi Jakarta Pusat, Selatan serta Luar Negeri, antara lain mengajak masyarakat tak bosan-bosan senantiasa menjaga serta melestarikan nilai-nilai kearifan local. Karena pelestarian nilai-nilai kearifan local dapat mempererat kohesi sosial masyarakat.

“Nilai-nilai kearifan lokal juga bisa diarahkan menjadi daya tarik pariwisata apabila dikelola secara baik dan profesional,” kata HNW dalam siaran pers, Selasa (15/11/2022)

Hidayat berharap, bantuan program Penguatan Kearifan Lokal dan penguatan ekonomi yang Dia berikan bisa menambah semangat pelaku seni budaya Betawi, untuk terus berkarya. Khususnya untuk menjaga, merawat serta melestarikan budaya Betawi

“Semoga bisa menambah semangat para pelaku seni budaya Betawi yang tergabung dalam Sikumbang Tenabang, untuk terus melestarikan dan mengembangkan seni budaya Betawi. Karena kalau tidak dijaga dan dilestarikan akan tergerus oleh perubahan zaman,” kata Hidayat menambahkan.

Pada kesempatan tersebut HNW juga mendukung usulan pembentukan Balai Budaya Betawi. Balai Budaya Betawi, ini diharapkan menjadi tempat yang representatif untuk kegiatan pelestarian dan pengembangan seni budaya Betawi. Tetapi HNW mensyaratkan agar usulan tersebut, didukung penuh oleh para pemangku kepentingan. Sesuai dengan implementasi sila kedua dalam Pancasila. Yaitu, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab.

Pagelaran Seni Budaya Betawi Berbasis Komunitas DKI Jakarta Tahun 2022, ini berlangsung pada 12-13 November 2022. Acara tersebut diselenggarakan oleh Sanggar Rahmat Pancer Seliwa (Rampas) Petamburan. Sanggar Rampas sendiri pimpinan Adityawarman, dan menjadi salah satu anggota Komunitas Sikumbang Tenabang.

berbagai kesenian Betawi ditampilkan dalam pagelaran tersebut. Diantaranya adalah, pertunjukan Ondel-Ondel, Manusia Petasan, Palang Pintu, Tarian Betawi, Silat Betawi dari berbagai aliran, hiburan musik Gambang Kromong serta Musik Melayu. Selain itu, ada juga santunan anak yatim, pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW berbahasa Melayu Tanah Abang karya Datuk Guru Mujib bin Sa’abah. Serta pertunjukan Lenong Denes atau Komedi Bangsawan.

Pada kegiatan ini juga diadakan perlombaan Koreografi Silat Tradisional Betawi memperebutkan Piala Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Serta pemberian penghargaan ‘anugerah Maestro Silat Petamburan’ kepada tiga guru besar silat yang sangat berjasa mengembangkan silat Betawi di wilayah Petamburan Tanah Abang. Ketiga guru besar silat itu adalah, Babeh H. Lukman Sabeni dari aliran silat Maenan Jati Petamburan, Kong Miji dari aliran silat Kampung Sebrang Rawa Petamburan dan Bang Mamit dari aliran silat Rachmat Tenabang.

Ikut hadir pada acara tersebut, Wakil Camat Tanah Abang Dwiarti Indriani Utami, Lurah Petamburan Rian Hermanu, Perwakilan Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat Andri Triana dan Ketua RW 03 Kelurahan Petamburan Rezalino.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleFokus Mengelola Utang, Bukan Membandingkan dengan Negara Maju
Next articleGerakan Pola Hidup Sehat Penting untuk Cegah Penyakit Kronis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here