Dukung Pemanfaatan Kearifan Lokal untuk Atasi Dampak Perubahan Iklim Global

Lestari Moerdijat
Lestari Moerdijat

Jakarta, PONTAS.ID – Generasi muda harus mampu mengedepankan kearifan lokal untuk menjawab ancaman krisis yang dipicu oleh perubahan iklim global. Berbagai upaya untuk menekan dampak krisis akibat perubahan iklim global harus didukung dan segera direalisasikan.

“Upaya untuk terus menggali kearifan lokal dalam menjawab tantangan krisis yang dipicu perubahan iklim global, harus konsisten dilakukan untuk menekan potensi kirisis yang lebih besar pasca pandemi,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/8/2022).

Pada Rakornas BMKG secara virtual, Presiden Joko Widodo mengingatkan bahwa perubahan iklim yang berada dalam kondisi kritis saat ini merupakan tantangan nyata bagi semua pihak setelah meredanya pandemi Covid-19.

World Meteorological Organization mencatat perubahan iklim dan dampaknya pada 2021 semakin memburuk. Pada 2021 mencatatkan suhu terpanas selama tujuh tahun terakhir.

Badan Pangan Dunia bahkan memperkirakan lebih dari 500 juta petani usaha kecil yang memproduksi lebih dari 80% sumber pangan dunia adalah kelompok paling rentan terhadap perubahan iklim.

Menurut Lestari, kearifan lokal yang dimiliki bangsa Indonesia sejak masa lalu dalam menjaga kelestarian lingkungan Nusantara harus terus diterapkan dalam upaya mencegah pengrusakan lingkungan yang dapat memperparah dampak perubahan iklim global.

Sejumlah kearifan lokal, ujar Rerie,, sapaan akrab Lestari, sebenarnya bisa diadopsi dan diandalkan untuk mencegah kerusakan lingkungan.

Berbagai upaya, tambah Rerie, antara lain seperti gotong-royong, tidak membuang sampah sembarangan, upaya mendaur ulang sampah, pemanfaatan alam sesuai kebutuhan, dan penghijauan harus menjadi perhatian kita bersama untuk ditingkatkan realisasinya.

Karena, jelasnya, berbagai upaya yang mengarah pada kepentingan rakyat banyak wajib dibantu sebagai bentuk nyata solidaritas sosial dalam kehidupan masyarakat.

Pengetahuan dan praktek tradisional yang diterapkan oleh komunitas lokal, ujar Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, menjadi kunci mencegah kerusakan keanekaragaman hayati dan mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Kalangan generasi muda, menurut Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, merupakan kelompok masyarakat yang tepat untuk menghidupkan kembali kearifan lokal yang kita miliki untuk mencegah ancaman lingkungan akibat perubahan iklim global.

Meski begitu, tegas Rerie, para pemangku kepentingan juga harus mampu mengarahkan lewat sejumlah kebijakan agar kearifan lokal yang dimiliki bangsa ini dapat dimanfaatkan secara aktif dalam mencegah kerusakan lingkungan.

Apalagi, ujarnya, ancaman kerusakan lingkungan bisa meningkat lewat aktivitas manusia sendiri. Seperti polusi udara yang 70% penyebabnya adalah penggunaan kendaraan bermotor. Demikian pula sampah, yang menurut perkiraan Bank Dunia dibuang manusia di dunia lebih dari dua milliar ton sampah per tahun.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleDidapuk Jadi Panelis Bedah Buku, Bupati Sergai dan UMA Jalin Kerja Sama
Next articleJelang Puncak HUT RI, Presiden Jokowi Berikan 127 Tanda Kehormatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here