Tantangan Milenial versi Rifki Rahmanda, Budak di Rumah Sendiri

Jakarta, PONTAS.ID – Penasehat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jakarta Barat, Rifki Rahmanda De Nada mengisi acara The Power Of Millenial di Lapangan Oembaran, RW 04 Kelurahan Sungai Bambu yang diselenggarakan oleh The Premier Futsal, Jumat (1/7/2022) malam.

Materi yang dibawakan Rifki Rahmanda mengenai kepemudaan ‘Milenial Bisa Membangun, Milenial Bisa Menghancurkan’. Materi ini disampaikan untuk memberikan pemahaman tentang karakteristik sosok pemuda Millenial serta bahaya penggunaan digital yang tidak terkontrol.

“Kita kaum milenial jangan sampai menjadi budak di rumah sendiri. Karena disebabkan tidak bisa melakukan kontrol dalam penggunaan digital. Saat ini, kebanyakan anak milenial dalam waktu satu jam saja tidak bisa terlepas dari pengaruh digital,” kata Rifki dalam keterangannya kepada PONTAS.id melalui WhatsApp seluler Sabtu, (2/7/2022).

“Apalagi penggunaaan sosial media oleh anak milenial lebih condong terhadap konten yang bukan porsinya dibanding membuka artikel-artikel dan Informasi publik yang bermanfaat,” sindir Rifki.

Dalam kesempatannya, Rifki membahas pola pikir anak milenial yang sudah rusak atau terkontaminasi oleh sosial media. Seperti, kefanatikan terhadap publik figur bahkan hingga mencontohkan gaya hidup yang sudah di luar konteks dengan dirinya sendiri.

“Ditambah lagi, anak milenial saat ini lebih banyak maunya dibanding usaha yang ia lakukan. Mau sukses, tapi nyaman rebahan. Hal itu akan sia-sia, sebab visi tanpa aksi itu hanya imajinasi,” tambah Rifki.

Di samping itu, Rifki juga memaparkan peran penting anak milenial yang bisa membangun suatu wilayah atau ruang lingkup jauh lebih baik dengan cara aktif dalam kegiatan sosial. “Seperti menghidupkan kegiatan Karang Taruna, membangun bisnis di wilayah, pemberdayaan pemuda dan lain sebagainya yang bisa mendorong perekonomian di wilayah,” papar Rifki.

Penasehat Muda ini juga mengajak para orang tua untuk melakukan pendekatan hati ke hati terhadap anak milenial. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman anak terhadap orang tuanya.

“Sebagai orang tua harus bisa memahami hal yang dilakukan anaknya. Kemudian, memasuki dunia anaknya terlebih dahulu dan tumbuhkan rasa nyaman di dalam diri anak milenial. Disaat itulah peran orang tua untuk menyadarkan dan membimbing anaknya untuk menghadapi masa depan yang jauh lebih baik,” tandas Rifki.

Sementara itu, diantara warga RW 04 Kelurahan Sungai Bambu, Alex yang mengikuti acara tersebut mengungkapkan sangat senang atas kehadiran Rifky telah berbagi ilmu dan pengalaman di wilayahnya tinggal. “Tentunya saya sangat berterimakasih, ilmu yang ia sampaikan sangat bermanfaat,” kata Alex.

“Materi yang bang Rifky sampaikan juga sangat bagus, harapannya peran anak muda di sini ke depannya bisa lebih kreatif lagi,” tambah Alex.

Senada, Ketua RW 04 Kelurahan Sungai Bambu, Toto Prawoto mengapresiasi sosok pemuda yang berani tampil di tengah-tengah masyarakat untuk melakukan sosialisasi tentang kepemudaan.

“Harapannya akan banyak lagi sosok pemuda selain Rifky yang bisa melakukan hal positif seperti ini,” tandas Toto.

Sebagai informasi, usai penyampaian materi kepemudaan yang disampaikan oleh Rifky Rahmanda De Nada, acara dimeriahkan dengan pembagian 100 bingkisan door prize kepada para tamu yang hadir.

Penulis: Suwarto
Editor: Ahmad Rahmansyah

Previous articleMPR Sampaikan Dukacita Atas Wafatnya Menpan-RB Tjahjo Kumolo
Next articlePartai Nasdem Dukung Usulan Utusan Golongan Kembali Masuk MPR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here