Terima Delegasi Mahasiswa Al-Azhar, Karo PHM Jelaskan Tupoksi DPD

Jakarta, PONTAS.ID – Kepala Biro Protokol Humas dan Media Setjen DPD RI Mahyu Darma menerima kunjungan delegasi dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI).

Pada kesempatan ini, Mahyu Darma didampingi oleh Kepala Bagian Humas dan Fasilitasi Pengaduan Heru Firdan.

Mahyu Darma menjelaskan kepada para mahasiswa mengenai perbedaan antara Dewan Pimpinan Daerah dan Dewan Perwakilan Daerah. “Kalau Dewan Perwakilan Daerah merupakan lembaga negara. Sedangkan Dewan Pimpinan Daerah bukan. Jadi kalian harus tahu itu,” ucapnya di Gedung DPD RI, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Mahyu Darma menambahkan bahwa dalam UUD 1945 ada delapan lembaga negara di Indonesia. Selain itu Indonesia juga menerapkan trias politica yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif. “Jadi presiden tidak bisa bekerja sendiri. Nantinya DPR RI dan DPD RI yang membuat regulasi, kemudian presiden beserta para menterinya melaksanakan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan untuk duduk di DPD RI sangat sulit ketimbang DPR RI. Artinya, saat pemilihan DPD RI harus bekerja sendiri untuk turun ke kabupaten/kota tanpa di bantu oleh partai politik. “Masuk ke DPD RI sangat sulit dibandingkan oleh DPR RI. Maka kebanyakan yang duduk di DPD RI para tokoh-tokoh masyarakat. Jadi di DPD RI sedikit sekali artis-artis yang masuk. Ketimbang di DPR RI,” pungkas Mahyu.

Tugas DPD RI, lanjut Mahyu Darma, yaitu menyerap aspirasi di daerah-daerah di waktu reses. Selain itu, DPD RI tentunya juga memiliki tugas untuk membantu, menyuarakan aspirasi rakyat dari tingkat daerah ke tingkat nasional. “Hal tersebut, nantinya akan menghasilkan sebuah kebijakan, yang dirasakan oleh masyarakat daerah tersebut,” lontarnya.

Sementara itu, Sekretaris Prodi Ilmu Komunikasi UAI Ruvira Arindita berterimakasih atas waktu yang disediakan di tengah kesibukan untuk menerima delegasi dari UAI. Pada dasarnya, kunjungan pihaknya bertujuan untuk belajar mengenai media masa dan komunikasi pemerintahan.

“Kedatangan kami tak lain untuk menambah pengetahuan kami baik di media massa dan komunikasi pemerintahan,” imbuhnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleDPD Minta Hak Pegawai Eks Merpati Dipenuhi
Next articleBamsoet Lantik Waka dan PAW 4 Anggota MPR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here