Sergai Peringkat Kedua Terbanyak Penerima BSPS Di Sumut

SERGAI, PONTAS.ID – Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai), Adlin Umar Yusri Tambunan menghadiri penyerahan buku tabungan (SERBUTAB) kepada Calon Penerima Bantuan (CPB) program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Stadion Mini, Desa Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin – Sergai, Jumat (3/6/2022) kemarin.

Demikian disampaikan oleh Kadis Kominfo Sergai, Akmal melalui whatsApp kepada awak media, Sabtu (4/6/2022).

Dalam kesempatan itu, Wabup Sergai mengapresiasi apa yang dilaksanakan pada hari ini, karena tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan rumah yang layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Tentu kegiatan ini bisa memberdayakan masyarakat berpenghasilan rendah, agar mampu membangun atau meningkatkan kualitas rumah secara swadaya, sehingga dapat menghuni rumah yang layak dalam lingkungan yang sehat dan aman,” ucapnya.

Adlin Tambunan menginformasikan, Kabupaten Sergai mendapat jatah 994 unit rumah yang tersebar di 10 kecamatan dan 21 desa. Ia mengaku ini merupakan hal yang sangat luar biasa dan salah satu upaya untuk mewujudkan visi Sergai yang Maju Terus, terutama dalam hal masyarakat yang sejahtera lewat bantuan rumah yang layak huni.

Bahkan, bedasarkan Informasi yang diterima, Sergai jadi daerah nomor 2 terbanyak yang menjadi sasaran program SERBUTAB se-Sumatera Utara, setelah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

“Dengan BSPS ini semoga kehidupan masyarakat dapat lebih baik dan dapat digunakan untuk membangun rumah yang layak huni. Tapi ingat, bantuan yang sudah diberikan harus dirawat dengan baik supaya bertahan lama dan bisa digunakan sebaik-baiknya,” tandas Adlin.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera II Iswanto, yang hadir dalam kegiatan ini menyebut dana stimulan yang diberikan untuk setiap penerima yaitu sebesar 20 juta. Sedangkan 17,5 Juta dibelanjakan untuk material bangunan, dan 2.5 juta sisanya merupakan upah pekerja bangunan.

“Kami berharap semoga dengan bantuan ini, masyarakat Sergai dapat membuat rumah layak huni, yang kokoh, dan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya,” ucap Iswanto.

Kepala Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman (Oerkim), Sofyan Suri, melaporkan jika acara pagi ini dihadiri oleh perwakilan 4 desa di Kecamatan Tanjung Beringin dan Kecamatan Teluk Mengkudu dari total 21 desa yang mendapatkan alokasi bantuan.

“Perwakilan desa yaitu dari Desa Pekan Tanjung Beringin, Desa Nagur, Desa Pematang Kuala dan Desa Pasar Baru, yang di mana nantinya akan dilakukan secara simbolis penyerahan buku tabungan kepada CPB,” tuturnya.

Kegiatan ini, turut dihadiri Camat Tanjung Beringin Elmiati, serta para penerima Program BSPS.

Pengirim: Andy Ebiet

Editor: Rahmat Mauliady

Previous articleHUT ke-41 Perumda Tirta Kanjuruhan, Bupati Malang Resmikan Gedung Teknik
Next articleKonsistensi Pelurusan Sejarah Ratu Kalinyamat Harus terus Diupayakan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here