Limbah Ayam Dibuang Ke Sungai, Warga Kedung Banteng Ancam Tutup RPA

Pasuruan, PONTAS.ID – Air sungai yang tadinya bersih kini menjadi kotor dan bau semenjak adanya pembuangan limbah sembarangan. Hal ini terjadi di Dusun Sembon Utara, Desa Kedung Banteng, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan.

Warga mengeluhkan dengan adanya usaha Rumah Pemotongan Ayam (RPA) yang membuang sembarangan limbahnya di aliran sungai. Pasalnya, air sungai tersebut sering dimanfaatkan warga setempat untuk mandi, cuci baju dan untuk perairan irigasi di sawah.

“Air sungai yang tercemar oleh limbah pemotongan ayam seperti bulu dan usus menyebabkan warga gatal-gatal dan air sungai juga jadi bau amis,” ungkap salah seorang warga yang tidak ingin disebutkan namanya kepada PONTAS id, Senin (9/5/2022)

Warga juga sudah melaporkan hal tersebut ke pihak perangkat Desa setempat dan sudah melakukan mediasi, antara warga dan pihak pemilik yaitu mencari jalan keluar agar limbah tidak lagi di buang di sungai.

“Hasil dari mediasi bahwa sang pemilik pemotongan ayam pun berjanji tidak akan lagi membuang limbahnya ke aliran sungai lagi, tapi kenyataannya pemilik RPA masih sering buang limbahnya ke aliran sungai,” tegasnya .

Ia menambahkan, dalam hal ini warga, mereka tak ingin mengusik usaha pemotongan ayam jika tidak mengganggu lingkungan. Namun pihak desa harus segera bertindak untuk mengatasi permasalahan ini agar tidak terlalu berlarut. “Jika memang tidak ada tindakan kami akan menutup usaha pemotongan ayam tersebut,” tegasnya

Hingga berita ini dipublikasikan, Kepala desa Kedung Banteng belum bisa ditemui untuk dikonfirmasi.

Penulis: Abdullah

Editor: Rahmat Mauliady

Previous articleGelar Sidak Kedisiplinan, 98% ASN Pemkab Sergai Hadir
Next articleAwali Aktivitas Usai Lebaran, ATR/BPN Gelar Rapim Capaian Kinerja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here