Bamsoet Dukung Pengembangan Black Lava Adventure Gunung Batur Bali

Bali, PONTAS.ID – Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Ketua IMI Bali Ajik Krisna menjelajahi keindahan Black Lava Gunung Batur, Kintamani, Bali. Offroad menggunakan kendaraan CanAm.

Mengeksplorasi keindahan alam Bali, yang tidak hanya memiliki keindahan berupa pantai dan lautnya, melainkan juga memiliki keindahan berupa hamparan lava yang eksotik dan pemandangan gunung yang menawan.

“Offroad di Black Lava Gunung Batur, Kintamani, Bali, merupakan salah satu destinasi wisata yang patut dicoba oleh para turis domestik maupun mancanegara. Khususnya bagi para pecinta otomotif. Disini terdapat lelehan lava Gunung Batur yang membeku dan berwarna hitam, sehingga disebut Black Lava Mount Batur. Selain offroad, turis juga bisa menikmati matahari terbit (sunrise) sekaligus menikmati keindahan Geopark Black Lava yang ditetapkan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai bagian dari Global Geopark Network (GGN) atau jaringan taman bumi global,” ujar Bamsoet usai offroad menjelajahi keindahan Black Lava Gunung Batur, di Kintamani, Bali, Minggu (1/5/2022).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, kehadiran wisata offroad Black Lava Gunung Batur bisa menarik lebih banyak turis berkunjung ke Kintamani pada khususnya maupun Bali pada umumnya.

Sekaligus memperlama masa tinggal turis, karena ada tambahan destinasi wisata baru yang bisa mereka nikmati.

“Sebelum pandemi Covid-19, Badan Pengelola Pariwisata Batur UNESCO Global Geopark mencatat rata-rata kunjungan wisatawan ke kawasan Kintamani mencapai 1.800 hingga 2.200 per hari. Selain telah memiliki market pasar yang besar, offroad di Black Lava Gunung Batur juga bisa memperluas market turis agar lebih banyak lagi berkunjung ke Kintamani. Semakin banyak turis yang datang, semakin baik bagi perputaran ekonomi masyarakat,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, dalam survei yang dilakukan Lembaga Operator Manajemen Hotel Pramana Experience pada Mei-Juni 2020 terhadap 91.000 wisatawan dari berbagai negara, terungkap 80 persen wisatawan ingin menikmati wisata alam pasca pandemi Covid-19, guna melepaskan stress akibat pandemi Covid-19, sekaligus meningkatkan imun badan. Dalam survei juga terungkap bahwa Bali masih menjadi prioritas utama bagi wisatawan untuk berlibur menikmati keindahan alam.

“Survei Go Local Domestic Travel untuk platform perjalanan digital Agoda pada Agustus 2020 juga mencatat hal serupa. Menempatkan Bali di posisi pertama destinasi wisata yang akan dikunjungi wisatawan usai pandemi Covid-19. Offroad Black Lava Gunung Batur bisa menjadi pilihan bagi turis melepaskan kerinduan terhadap Bali,,” pungkas Bamsoet.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleHadiri Mayday 2022, Ini Pesan Bupati Sergai
Next articlePolisi Wajib Jamin Keamanan Selama Lebaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here