Gandeng DPRD, Boim Sosialisasikan Budaya Betawi di Penjaringan

Jakarta, PONTAS.ID – Anggota DPRD DKI Komisi A Faisal politisi Demokrat bersama Ketua DPD Bamus Betawi, M Ichwan Ridwan melakukan sosialisasi Perda NO 4 Tahun 2015 tentang pelestarian Budaya Betawi di Telukgong, RW 08, Kelurahan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu malam (20/3/2022).

Dalam kesempatannya, Ketua DPD Bamus Betawi, M Ichwan Ridwan yang biasa disapa Boim memaparkan kandungan Perda NO 4 Tahun 2015. “Masyarakat Betawi sejak dulu dikenal agamis dan religius, dalam kehidupannya ada tiga pedoman yang dipegang yaitu Sholat, Sholawat dan Silat,” kata Boim melalui keterangannya yang diterima PONTAS.id, Senin (21/3/2022).

Boim juga mengisahkan, zaman dahulu masyarakat Betawi sangat segan dan patuh dengan ulama, guru, mualim atau ustad ditempatkan dalam posisi terhormat.

“Setelah itu kepala kampung yang disebut ‘Bek’ atau sebutan jaman sekarang biasa disebut lurah, lalu ada jawara atau penjaga kampung namanya Jago,” papar bang Boim.

Tak hanya Perda No.4 Tahun 2015, Boim juga memaparkan Pergub no.229 Tahun 2016 dan Pergub No.11 Tahun 2017 tentang Ikon Budaya Betawi. “Ada delapan Ikon budaya betawi diantaranya Ondel-ondel, Kembang kelapa, Ornamen Gigi Balang, Baju Sadariah, Kebaya Kerancang, Batik Betawi seperti yang saya pake, Kerak Telor lalu Bir Pletok,” Tambah Boim.

Sementara itu, Anggota DPRD Komisi A Faisal menjelaskan maksud dan kedatangannya bertemu warga yaitu untuk mendapatkan hak Informasi.

“Hak Warga untuk mendapatkan informasi, dan kewajiban saya melaksanakan amanat Undang-Undang sebagai dewan perwakilan rakyat daerah untuk menyampaikan informasi dan menyerap aspirasi warga di dapil pemilihan saya,” kata Faisal.

Faisal mengucapkan terimakasih kepada warga Pejagalan yang telah memberikan kesempatan untuk menyampaikan sosialisasi Perda. “Serta siap menerima serta menyerap aspirasi, masukan, usulan masyarakat yang akan disampaikan di DPRD DKI Jakarta sesuai dengan fungsi dan tugasnya,” tandas Faisal.

Menyikapi hal ini, Ketua RW 08 kelurahan Pejagalan, Margono menyambut baik dan mengapresiasi atas upaya yang dilakukan oleh Faisal. ”Budaya Betawi harus kita lestarikan dan kembangkan, jangan kalah dari budaya Asing kususnya budaya barat.” tutup Margono.

Turut hadir, Karang Taruna, RT /RW, PKK, Dasa Wisma, alumni SMP 112 Telukgong.

Penulis: Ahmad Rahmansyah
Editor: Rahmat Mauliady

Previous articleBerharap Tata Niaga Pangan Diatur, Ketua DPD Desak Bulog Jadi ITC
Next articleMenkominfo Ajak Kerja Sama Siapkan Regulasi Hak Penerbit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here