Gandeng RAPI, BPBD Banjar Perkuat Kualitas Informasi Bencana

ADVERTORIAL
Martapura, PONTAS.ID – BPBD Kabupaten Banjar bekerja sama dengan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI). Melahirkan Tim Reaksi Cepat Informasi Komunikasi Bencana (TRC-IKB) di Aula BPBD Banjar Desa Bincau Sabtu (19/3/2022) tadi.

“Kabupaten Banjar memiliki banyak potensi bencana seperti banjir, angin puting beliung, tanah longsor dan kekeringan. Kita punya kepentingan menjaga kualitas info kebencanaan itu,” kata Sekretaris BPBD Banjar Sufrianto usai pengukuhan TRC-IKB RAPI Wilayah 02 Kabupaten Banjar masa bakti 2021-2025.

Tim reaksi cepat sangat berperan tiap kejadian. Apalagi, BPBD masih sangat kekurangan tenaga penanggulangan bencana. Minimal, tim lahir untuk menyediakan informasi yang benar dan mencegah info palsu bencana.

Sufrianto menambahkan, info valid memudahkan pencegahan maupun penanggulangan bencana. Sarana dan prasarana pun didukung oleh BPBD Kabupaten Banjar. Selanjutnya akan dilatih seluruh personil tim yang baru bergabung dalam TRC tersebut.

Sekretaris Kominfo Banjar M Faisal menyatakan, RAPI Wilayah 02 Kabupaten Banjar adalah lembaga sosial masyarakat. Mereka hadir untuk memberi solusi dan informasi mengenai bencana dengan cepat untuk penanggulangan yang cepat pula.

“Proses penyampaian informasi dan komunikasi yang cepat dapat membantu masyarakat yang terdampak bencana lebih cepat, efisien dan efektif,” ungkap Faisal.

Sedangkan Ketua Tim TRC-IKB Kabupaten Banjar Muhammad Wildan mengungkapkan rasa syukurnya atas kelancaran pelantikan dan Pengukuhan. Ia meminta secepatnya tim, terutama koordinator lapangan yang di Kecamatan mendapat pelatihan. Menambah keterampilan untuk bisa turun ke lapangan ikut menangani hal-hal yang berhubungan dengan kebencanaan.

“TRC-IKB diperkuat oleh 17 koordinator lapangan dan pengurus inti, pelindung dan penasehat dengan total 53 orang,” kata Wildan.

Penulis: Amin
Editor: Ahmad Rahmansyah

Previous articleJadi Tuan Rumah MTQ, Bupati Banjar Apresiasi Kerja Keras LPTQ
Next articleKomite IV Dorong BPKP Aktif Lakukan Sosialisasi Terkait PP Dana Desa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here