Dorong Pemulihan Ekonomi, Pemkot Tanjungpinang bangun Sentra IKM

Tanjungpinang, PONTAS.ID- Untuk mewujudkan pengembangan sentra industri, Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian akan segera membangun sentra IKM (Industri Kecil dan Menengah)

hal ini sebagai upaya mendukung usaha serta memfasilitasi pelaku IKM di Kota Tanjungpinang. Untuk itu, Walikota Tanjungpinang, Rahma melakukan peninjauan lokasi sentra IKM di kawasan Bintan Center, Rabu (16/03/2022).

Rahma mengatakan pembangunan sentra IKM adalah sebagai bentuk dukungan kepada pelaku IKM di Tanjungpinang.

“Sentra IKM merupakan lokasi pemusatan kegiatan industri kecil dan menengah, yang dilengkapi sarana dan prasarana penunjang serta pelatihan bagi pelaku IKM. Produk IKM perlu terus di promosikan sebagai upaya pemulihan dan pergerakan ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Ditambahkannya, pada Sentra IKM memfasilitasi pelatihan bagi pelaku usaha dan dukungan lain yang diberikan Pemerintah yaitu dengan memfasilitasi pelaku IKM untuk diberikan pelatihan untuk kemajuan usahanya, misalnya pelatihan desain atau kemasan produk agar lebih menarik dan memiliki daya tarik.

Sementara itu, Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perdagaan Kota Tanjungpinang, Sarifah Zairina mengatakan pembangunan sentra IKM tahun ini akan dibangun melalui anggaran APBN.

“Tahun ini akan dibangun gedung sentra IKM di Kota Tanjungpinang dengan anggaran APBN. Direncanakan bangunan 3 lantai dengan konsep ciri khas melayu. Sentra IKM ini nantinya akan berfungsi sebagai pusat kegiatan IKM mulai dari penjualan produk, tempat pelatihan, tempat makan atau kafe, juga sebagai tempat pusat oleh-oleh baik makanan maupun kerajinan,” jelasnya.

Selanjutnya, Sarifah menghimbau IKM untuk dapat memenuhi standar produk, khususnya untuk produk makanan, agar dapat diurus sertifikat halal dan BPOM. Hal ini bertujuan agar mendapat kepercayaan konsumen akan kualitas produk.

Penulis: Thomson Budi
Editor: Yos Casa Nova F

Previous articleIMI Apresiasi Kehadiran BMW Approved Bodyshop Pertama di Indonesia
Next articleKetua DPD Siap Salurkan Aspirasi Tokoh Masyarakat Muara Payang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here