Bupati Surya Targetkan Asahan 3 Besar MTQN Provsu

Asahan, PONTAS.ID – Bupati Asahan Surya berharap, kegiatan Musbaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang digelar mulai dari Desa/Kelurahan dengan bantuan Pemerintah ataupun prakarsa/inisiatif masyarakat sendiri dapat terus terlaksana dengan baik.

Karena kegiatan religius tersebut menurutnya merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pembangunan akhlak generasi muda dalam bidang keagamaan.

Surya menyampaikan hal itu saat membuka acara MTQ Nasional (MTQN) Tingkat Kabupaten Asahan yang dipusatkan di Desa Rahuning I, Kecamatan Rahuning, Asahan, Sumatera Utara.

“Seluruh kafilah saya minta dapat menampilkan kemampuan terbaik hingga akhir pelaksanaan dan peserta terbaik tahun ini akan menjadi duta Kabupaten Asahan pada event MTQN Tingkat Provsu,” ujar Surya, Senin (14/02/2022).

Surya menargetkan, untuk MTQN Tingkat Provsu nanti Kabupaten Asahan bisa meraih prestasi yang memuaskan daj mendapatkan posisi 3 besar bila dibandingkan tahun lalu yang hanya berada pada posisi 14 besar.

Surya juga mengingatkan seluruh Panitia, Peserta maupun masyarakat untuk tetap menerapkan Prokes (Protokol Kesehata) selama perhelatan berlangsung.

Kegiatan MTQN Tingkat Kabupaten Asahan Tahun ini diikuti sebanyak 919 orang dari 25 Kecamatan yang ada, terdiri dari 480 putra dan 439 putri.

Berikut rincian jumlah peserta dari masing-masing cabang yang diperlombakan :
– Cabang Tilawah Al-Qur’an Golongan Dewasa Putra/Putri 46 orang, Golongan Remaja Putra/Putri 49 orang, Golongan Anak-anak Putra/Putri 49 orang, Golongan Tartil Putra/Putri 42 orang, Golongan Cacat Netra Putra/Putri 2 orang.
– Cabang Hifzil Qur’an untuk katagori Golongan 1 Juz dan Tilawah Putra/Putri 49 orang, Golongan 5 Juz dan Tilawah Putra/Putri 46 orang, Golongan 10 Juz Putra/Putri 43 orang, Golongan 20 Juz Putra/Putri 17 orang, Golongan 30 Juz Putra/Putri 09 orang, Golongan Tafsir Al-Qur’an terdiri dari 3 bahasa (Arab, Indonesia dan Inggris PA/PI) 08 orang
Sedangkan Cabang Hifzil Hadits Golongan 100 Hadits Bersanad Putra/Putri 19 orang, Golongan 100 Hadits Tanpa Sanad Putra/Putri 13 orang.
– Cabang Khattil Qur’an Golongan Naskah Putra/Putri 44 orang, Golongan Dekorasi Putra/Putri 37 orang, Golongan Hiasana Mushaf Putra/Putri 46 orang, Golongan Hiasan Kontemporer Putra/Putri 27 orang.
– Cabang Fahmil Qur’an Putra 69 orang
– Cabang Fahmil Qur’an Putri 63 orang
– Cabang Syahril Qur’an Putra 66 orang
– Cabang Syahril Qur’an Putri 72 orang
– Cabang Qira’ah Sab’ah Mujawad, Golongan Dewasa Putra/Putri 13 orang, Golongan Remaja Putra/Putri 15 orang
-Cabang Qira’ah Sab’ah Murotal Golonga Dewasa Putra/Putri 13 orang, Golongan Remaja Putra/Putri 17 orang dan yang terakhir Cabang Karya Tulis Al-Qur’an Putra/Putri 20 orang.
Penulis : Bayu Kurnia Jaya
Editor : Fajar Virgyawan Cahya
Previous articleSusun RUU Energi, Komite II Kunjungi Jatim
Next articlePemkab Banjar Kejar Target Vaksin hingga Akhir Maret 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here