Percepat Capaian Pengelolaan Sampah, P3ES KLHK Sambangi Kota Tanjungpinang

Tanjungpinang, PONTAS.ID – Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera (P3ES) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan sosialisasi percepatan pencapaian pengelolaan sampah dan pencapaian Kebijakan Strategi Daerah (Jakstrada) di Kota Tanjungpinang.

Sosialisasi dibuka oleh Wali Kota Tanjungpinang, Rahma di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senggarang, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Kamis (10/2/2022).

Pada kesempatan itu, Wali Kota, Rahma mengharapkan kepada dinas terkait agar benar-benar mengikuti sosialisasi tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Apabila sudah memahami, Tanjungpinang bisa menjalankan strategi-strategi baik penanganan dan pengurangan sampah yang lebih efektif dan efisien,” ucapnya.

Rahma juga mengucapkan terima kasih kepada dinas terkait dan seluruh masyarakat yang sudah sadar terhadap bagaimana menangani dan mengelola sampah.

“Ini tantangan kita bersama, kita tetap harus bisa lebih giat lagi dalam menangani persoalan sampah,” ajaknya.

Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera, Amral Fery menyampaikan, sosialisasi ini bertujuan untuk bagaimana bisa memproses serta mempercepat pengelolaan sampah yang ada di Tanjungpinang ini.

Menurutnya, saat ini, Tanjungpinang dalam pengelolaan sampahnya sudah cukup bagus, baik dari segi pengurangan maupun pengelolaan sampah. Namun untuk lebih efektif dan bisa lebih cepat lagi, maka pihaknya melakukan pendampingan dan akan memberikan strategi serta masukan.

“Sehingga Tanjungpinang ini bisa mencapai target yang ditetapkan secara nasional yakni dari sisi pengurangan 30 persen dan penanganan sampah 70 persen pada tahun 2025,” terangnya.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Tanjungpinang, Riono mengaku optimis terhadap penanganan dan pengurangan sampah di Tanjungpinang akan semakin lebih baik lagi.

Mengingat, saat ini di Tanjungpinang untuk program pengurangan sampah, sudah ada sebanyak 46 bank sampah, yang pada tahun ini rencananya akan bertambah sekitar 7 bank sampah lagi.

“Berbicara pengurangan sampah, kita sangat bagus. Karena saat ini sudah ada bank sampah yang langsung dikelola oleh masyarakat,” jelasnya.

Mengenai penanganan sampah, tentu berbicara di ranah pemerintah, baik pengangkutan maupun pengelolaannya. “Penanganan sampah kita rendah, di tahun lalu hanya 59%. Hal ini terjadi karena sampah di masyarakat berkurang, sebab sudah dikelola masyarakat langsung. Sehingga ke depan tentu kita optimis bisa lebih baik lagi,” tukas Riono.

Penulis: Thomson Budi
Editor: Ahmad Rahmansyah

Previous articleVaksinasi Serentak di SDN 001 Sagulung, Polda Kepri Bagi-bagi Sembako
Next articlePerkuat Sinergitas, Dandim Dampingi Kapolres Tanbu Pantau Vaksinasi Serentak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here