Harga Sembako Mulai Naik, MPR : Program Kedaulatan Pangan Belum Jalan

Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan

Jakarta, PONTAS.ID -Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan kembali mendesak Pemerintah untuk melakukan intervensi pasar menjelang pergantian tahun 2021 ke tahun 2022. Pasalnya, kenaikan harga sembako terus membayangi Indonesia setiap kali pergantian tahun dan hari-hari besar lainnya.

Syarief Hasan mengungkapkan, Pemerintah harus segera mengambil langkah intervensi pasar. “Kami sudah berkali-kali mengingatkan, persoalan mendasar ini jangan diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar bebas karena hal tersebut menyebabkan terjadinya inflasi pangan setiap tahunnya. Pemerintah harus melakukan intervensi agar tidak menyulitkan masyarakat.”, tegas Syarief Hasan, Selasa (28/12/2021).

Syarief Hasan menyebut, inflasi pangan yang terus meningkat setiap tahun harus dapat dikendalikan. “Pemerintah harus mampu melakukan pengendalian harga pangan, khususnya sembako dengan pendekatan strategi produksi. Jika mendekati hari besar, maka Pemerintah harus mampu mendorong skala produksi diperbesar agar harga tetap stabil meski permintaan meningkat,” ungkapnya.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini juga menyebut, kenaikan sembako menunjukkan jauhnya kita dari kedaulatan pangan di Indonesia. “Kenaikan harga minyak goreng, daging, hingga telur setiap hari-hari besar, khususnya hari raya keagamaan dan pergantian tahun menunjukkan rapuhnya kedaulatan pangan kita,” kata Syarief Hasan.

Syarief Hasan berharap, Pemerintah sudah harus mulai memikirkan agenda kedaulatan pangan. “Kami terus menerus mengingatkan agar Pemerintah mengeksekusi semua rencana-rencana untuk menghadirkan kedaulatan pangan. Kita memiliki kekayaan alam yang luar biasa dan mendukung agenda tersebut,” terang Syarief Hasan.

Syarief Hasan menilai, Pemerintah harus memikirkan perencanaan dari hulu ke hilir. “Masalah kenaikan harga setiap hari-hari besar dan pergantian tahun ini adalah masalah yang terus berulang. Pemerintah harus mulai mengatasi dari hulu ke hilir, mulai dari faktor produksi hingga faktor pasar,” tegas Syarief Hasan.

Politisi senior Partai Demokrat ini juga menegaskan, ia akan terus mengawal agenda kedaulatan pangan. “Kami dari Partai Demokrat akan terus mengawal agenda kedaulatan pangan sehingga agenda ini tidak hanya sekedar menjadi wacana saja. Kami akan terus mengawal aspirasi rakyat Indonesia,” tutup Syarief Hasan.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleTemuan Kasus Baru Omicron, Selektif Berkegiatan dan Tunda Perjalanan ke Luar Negeri
Next article2021 Masih Menyisakan Benih-benih Instabilitas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here