LaNyalla: Peredaran Narkoba di Rutan Harus Dihentikan!

Surabaya. PONTAS.ID – Ketua DPD, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meminta aparat mengambil tindakan tegas untuk memutus peredaran narkoba di dalam rumah tahanan (rutan).

Permintaan itu disampaikan LaNyalla sebagai respons tertangkapnya warga binaan yang membawa sabu ke dalam rutan oleh petugas Rutan Kelas I Surabaya di Medaeng, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

“Keberhasilan petugas menangkap serta menggagalkan penyelundupan 29,78 gram sabu di lingkungan rutan, harus diapresiasi. Tapi tentu kita ingin ada tindakan lebih dari itu,” tutur LaNyalla yang sedang reses di Surabaya, Minggu (19/12/2021).

Menurutnya, keberhasilan ini menunjukan jika aktivitas penggunaan narkoba dilingkungan rutan masih marak.

“Hal ini harus menjadi perhatian yang serius oleh pihak-pihak terkait, khususnya aparat berwajib. Jangan sampai rutan hanya sebagaiperpindahan tempat bagi pelaku kejahatan,” katanya.

Senator asal Jawa Timur ini menambahkan, kondisi tersebut akan memiliki dampak yang sangat buruk. 

“Dampaknya, selama menjalani hukuman tindak perilaku para pelaku kejahatan tidak akan berubah, apalagi berdampak pada efek jera pelaku kejahatan. Artinya, saat bebas nanti mereka akan kembali melakukan kejahatan serupa tanpa rasa takut,” katanya.

Oleh karena itu, LaNyalla meminta pemerintah melakukan evaluasi dalam pengelolaan rutan.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleBanjir Terjang Gunungsitoli, BNPB: 1 Meninggal Dunia
Next articleKesetiakawanan Sosial Penting untuk Hadapi Berbagai Ancaman Bangsa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here