Kawal Pemerintahan, DPRD Kendal Apresiasi Peran Pers

Kendal, PONTAS.ID – Kemitraan Humas DPRD Kendal lakukan pembahasan yang bertajuk “Membangun Keselarasan Informasi dalam mendukung Kendal Handal, Makmur dan Sejahtera” yang digelar oleh Sekretariat DPRD Kendal di Hotel Grand Rohan, Bantul Yogyakarta, Senin (29/11/2021).

Kegiatan yang diikuti puluhan awak media dan LSM itu, menghadirkan narasumber dari Humas Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman yang dipandu oleh Kabag Umum Sekretariat DPRD Kendal, Arif Musbichin.

Dalam kegiatan tersebut, Humas DPRD Sleman membagikan pengalamannya dalam membangun kemitraan dengan media dan Ormas.

Kasubag Humas Sekretariat DPRD Sleman, Elviani mengatakan pihaknya menjalin hubungan baik dengan media massa cetak, online dan televisi. Semua dilibatkan untuk mendukung program humas mendistribusikan kegiatan DPRD kepada masyarakat

“Tanpa bantuan dari teman-teman media, kegiatan-kegiatan kami lakukan tidak akan terkomunikasikan dengan baik ke masyarakat,” terangnya.

Selain media massa, imbuhnya, pihaknya juga merangkul ormas sebagai pemangku kepentingan terkait dalam mendukung kerja humas. “Seperti media, LSM juga menjadi bagian program strategis humas mendukung kerja para wakil rakyat,” tambahnya.

“Kami juga ingin belajar dari Sekretariat DPRD Kendal, yang pada hari ini bisa duduk bareng dengan media dan LSM, untuk berdiskusi dan berbagi pengetahuan. Apa saja kiat-kiatnya,” tanya Elviana.

Sementara itu, Anwar Haryono, Sekretaris DPRD Kendal mengungkapkan pihaknya merangkul semua media dan LSM yang terdaftar di instansi terkait. Dikatakannya kunjungan kemitraan ini sebagai bagian dari upaya untuk menjaga keharmonisan hubungan yang telah terbangun.

“Kami tidak membeda-bedakan dari media apa, organisasi apa, selama semua telah terdaftar di instansi terkait dan memenuhi syarat, kami bangun kemitraan. Kegiatan ini salah satunya,” ungkapnya.

Dalam sesi berikutnya, Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun menyampaikan apresiasi kepada para awak media dan LSM yang selama ini telah turut mendukung kerja para pimpinan dan anggota dewan. Hubungan baik ini, lanjutnya, perlu ditingkatkan lagi di masa mendatang.

Menurutnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menjadi tantangan baik bagi penyelenggara pemerintahan, lembaga non-pemerintahan, dan media. Agar bisa bertahan, tegasnya, para pihak perlu beradaptasi dan melakukan inovasi.

“Bagi pemerintah kemajuan TIK menjadi tantangan untuk menghadirkan pelayanan publik yang cepat, akurat dan akuntabel. Begitu juga dengan media dan Ormas. Semuanya perlu beradaptasi dengan dinamika zaman yang terus bergerak,” pungkasnya.

Dirinya menambahkan, selama kurang lebih tiga jam, sesi diskusi berlangsung hangat. Banyak masukan dicatat tim Humas Sekretariat DPRD Kendal untuk peningkatan kegiatan kemitraan di masa mendatang.

Penulis : Prawoto
Editor : Fajar Virgyawan Cahya

Previous articleTabrak Jam Operasional, Satpol PP Sanksi 2 Usaha Kuliner di Palmerah
Next articleSoal UU Ciptaker, MPR Minta Putusan MK Harus Disikapi Positif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here