Longsor Akibat Hujan Deras di Sergai, Jalan Dua Desa Terputus

Sergai, PONTAS.ID – Bencana tanah longsor terjadi di Kabupaten Serdang Bedagai disebabkan curah hujan yang mengakibatkan tertutupnya akses jalan antara Desa Serba Nanti dengan Desa Marubun di Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai provinsi Sumatera Utara, Selasa malam (16/11/2021) sekitar pukul 20:00 Wib.

Informasi yang berhasil dihimpun media dari Kapolsek Sipispis melalui Kasubag Humas Polres Tebing Tinggi, Iptu Riyanto mewakili Kapolsek Sipispis, Rabu (17/11/2021), menyebutkan akibat hujan lebat tadi malam terjadi  longsor yang menutupi badan jalan,  membuat aktivitas kendaraan tidak dapat lewat dan harus di alihkan kejalur alternatif. Dalam peristiwa ini, tidak ada menimbulkan  korban jiwa.

“Longsor diakibatkan curah hujan tinggi, mulai sejak pukul 15.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB dan pagi ini juga masih hujan walaupun tidak lebat,” sebutnya.

Polsek Sipispis dibantu TNI dan masyarakat melakukan pembersihan timbunan tanah dari badan jalan. Hal ini dilakukan agar akses jalan dapat kembali dilalui kendaraan dan menghubungkan kedua desa.

“Pembersihan tanah menggunakan alat seadanya karena tidak ada alat berat dan situasi jalan gelap. Pagi ini jalan sudah dapat dilalui kendaraan roda dua, tetapi untuk kendaraan roda empat masih belum bisa dilalui, karena material menimbun badan jalan. Kerugian jiwa dan material tidak ada dan kami masih berusaha agar tanah yang longsor dapat dikeruk supaya arus lalu lintas kembali normal,” pungkas Agus.

Pantauan di Posko Dusun III Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah, Sergai, akibat hujan deras tadi malam juga berdampak dengan meningkatnya debit air di sungai Bedagai sekitar 10-15 Centimeter.

Hal ini dibenarkan oleh Munajat selalu Kepala Desa Sei Rampah, pagi ini dirinya terus memantau perkembangan debit air di Sungai Bedagai bersama Babinsa, personel Polres Sergai dan Polsek Firdaus.

“Sesuai peringatan pak Bupati Sergai, berkali-kali warga diingatkan untuk selalu waspada dengan adanya perubahan cuaca ekstrim sekarang. Memang kemarin sudah surut jauh, tapi sesuai prediksi dari BMKG maka kita jangan terlena dengan air surut tapi kita harus tetap waspada apalagi cuaca di bagian hulu sejak tadi malam hingga saat ini hujan,” kata Munajat.

 

Penulis : Andy Ebiet
Editor : Fajar Virgyawan Cahya

 

Previous articlePresiden Lantik Panglima TNI dan KSAD di Istana Negara
Next articleMPR: Hormati Jadwal Pemilu 2024 Sebagaimana Diusulkan KPU dan Bawaslu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here