MPR Minta BMKG Terus Mengupdate Potensi Bencana Alam

Jakarta, PONTAS.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 21-22 Oktober 2021.

Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta BMKG untuk terus mengupdate mengenai potensi terjadinya gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut, sehingga masyarakat yang berada di sekitar wilayah pesisir dan para nelayan dapat lebih menyadari dan meningkatkan kewaspadaan.

“Meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah/BPBD mempersiapkan sarana dan prasarana untuk mengantisipasi kondisi cuaca yang terjadi, seperti gelombang tinggi tersebut, disamping mempersiapkan lokasi pengungsian yang aman dan langkah lainnya yang harus dilakukan guna mencegah terjadinya korban jiwa,” katanya, Jumat (22/10/2021).

Pria akrab disapa Bamsoet ini mengingatkan masyarakat yang berada di wilayah pesisir untuk terus mengikuti informasi yang disampaikan BMKG, serta selalu waspada dan mempersiapkan barang-barang penting pribadi yang harus diamankan dan mudah dibawa pergi apabila terjadi gelombang tinggi dan diharuskan berpindah ke tempat pengungsian.

“Meminta pemerintah melakukan langkah antisipasi jangka panjang guna mencegah terjadinya korban jiwa di daerah-daerah yang disinyalir rawan bencana, dengan membuat simulasi pertolongan darurat bagi masyarakat yang ada di pemukiman daerah-daerah rawan bencana tersebut,” tegasnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleMPR Minta Menristekdikti Fasilitasi Guru Belum Divaksin
Next articleBamsoet Minta Satgas OJK hingga Polri Telusuri Pencucian Uang dari Perusahaan Asing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here