Lirik Potensi Danau Toba, Dubes Polandia Temui Edy Rahmayadi

Duta Besar Luar Biasa Republik Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska (kanan) menemui Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi (kiri) di Medan, Sumatera Utara, Kamis (7/10/2021)

Medan, PONTAS.ID – Duta Besar Luar Biasa Republik Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska menemui Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi pada Kamis (7/10/2021). Beata, menyampaikan ketertarikan mereka mempererat kerja sama dengan Sumut khususnya dalam sektor pariwisata dan ekonomi.

“Kita tentu berharap kerja sama kita dengan Sumut semakin baik, semakin erat. Itu akan mendorong Sumut dan Polandia tumbuh bersama lebih cepat,” kata Beata, seperti dilansir dari laman resmi Pemprov Sumatera Utara, Jumat (8/10/2021).

Beata juga mengungkapkan ketertarikannya dengan Danau Toba. Menurutnya danau vulkanik terbesar di dunia memiliki daya tarik besar bagi orang-orang Eropa.

“Saya sangat tertarik, seperti kebanyakan orang-orang Eropa di sana. Danau ini memiliki nilai historis yang besar dan keindahan yang luar biasa. Mudah-mudahan semakin banyak masyarakat Polandia yang datang ke Danau Toba,” terang Beata.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyambut baik ketertarikan Polandia untuk meningkatkan kerja sama di sektor pariwisata dan ekonomi. Menurutnya, kerja sama ini bisa ditingkatkan ke level yang lebih serius.

“Mereka tertarik dengan pariwisata Sumut terutama Danau Toba, kita juga memperkenalkan Tangkahan dan objek wisata lainnya. Mereka juga tertarik memperkuat kerja sama di bidang ekonomi karena Sumut memiliki potensi besar,” kata Edy.

Selain pariwisata dan ekonomi, Polandia juga menawarkan kerja sama di bidang energi dan teknologi, terutama Teknologi Informasi (TI) untuk pelabuhan.

Edy mengatakan akan menindaklanjuti tawaran kerja sama dari Republik Polandia. “Mereka tertarik dengan pelabuhan kita seperti Belawan dan Kualatanjung. Kita akan tindak lanjuti, kita pelajari,” katanya.

Turut hadir Konsul Kehormatan Polandia di Medan Jonner Napitupulu beserta jajaran Kedutaan Besar Polandia di Indonesia.

Selain itu juga hadir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Zumri Sulthony, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Suherman dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Basarin Yunus Tanjung.

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleJual Sabu Ke Polisi, 2 Warga Sei Apung Menginap di Polres Asahan
Next articleDPR Apresiasi Kebijakan Pemerintah Pangkas Karantina Wisman dari 8 Hari Jadi 5 Hari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here