Permudah Warga Pasuruan, Pemkab Luncurkan Graha Pelayanan Publik

Pasuruan, PONTAS.ID – Pemerintah Kabupaten Pasuruan meresmikan Graha Pelayanan Publik. Hal ini menjadi kado istimewa bagi masyarakat untuk mengakses layanan pemerintahan, bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke-1092, Sabtu 18/9/2021.

Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron (Gus Mujib) mewakili Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf menjelaskan, dengan hadirnya Graha Pelayanan Publik Kabupaten Pasuruan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Kantor Graha Pelayanan Publik yang dibangun di lokasi strategis di jalan nasional ini merupakan upaya mengintegrasikan berbagai layanan baik instansi pusat, daerah dan badan usaha milik negara(BUMN), BUMD, dan swasta dalam satu gedung yang sama.

“Kami ingin memberikan kemudahan kecepatan, keterjangkauan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan,” tutur Wakil Bupati .

Gus Mujib mengatakan, keberadaan Graha Pelayanan Publik juga merupakan langkah strategis untuk mendorong investasi dan kemudahan berusaha. Karena tempat dan lokasi sangat strategis .

Oleh karena itu, dengan menggabungkan pelayanan instansi internal pemda dan instansi vertikal, BUMD, BUMN, dapat menggerakkan pelaku usaha dalam mengakses pelayanan publik baik perizinan maupun non-perizinan,” sambungnya.

Gus Mujib berharap dengan dibangunnya Kantor GPP, bisa menarik minat investor untuk berinvestasi di Kabupaten Pasuruan. Sehingga dapat mendorong terbukanya lapangan kerja baru.

“Dalam pemerataan kesempatan berusaha demi mewujudkan masyarakat Pasuruan yang sejahtera, maslahat dan berdaya saing,” ungkapnya.

Sementara itu, Diah Natalisa, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB dalam sambutannya mengatakan, hadirnya Graha Pelayanan Publik di hari jadi Kabupaten Pasuruan yang ke-1092 ini diharapkan menjadi kado istimewa bagi masyarakat Kabupaten Pasuruan.

“Sementara itu Pemkab Pasuruan harus mampu menjadi wajah baru bagi pelayanan publik mendeliver pelayanan publik semakin baik dan modern,” tutur Diah Natalisa.

Diah menambahkan, dengan kesiapan SDM ASN yang handal, diharapkan mampu merespon perubahan. Sekaligus, dengan memanfaatkan teknologi informasi terkini untuk meningkatkan pelayanan publik.

Dengan adanya GPP ini, Diah berpesan, harus didukung dengan pemanfaatan teknologi informasi dan SDM yang kompeten. Sehingga, integrasi sistem data dan sistem informasi dalam pelayanan bisa terwujud.

“Semua perlu di integrasi, lakukan sharing data, perhatikan sistem sekuritas yang dimiliki, perpendek dan sederhanakan prosedur yang ada. Sehingga memberikan kemudahan dan ketepatan waktu penyelesaian serta memberikn kenyamanan pada masyarakat,” jelasnya .

Diah juga mengatakan, untuk mengedepankan sikap ramah dalam pelayanan yang berkualitas dan layanan yang profesional.

Usai menyampaikan sambutannya, Diah Natalisa bersama Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf meresmikan Graha Pelayanan Publik dengan memotong tali di pintu masuk gedung. Selanjutnya, bersama Forkopimda Kabupaten Pasuruan melihat isi ruangan dan menjelaskan kesiapan dari pelayanan.

Sebagai informasi, di dalam Graha Pelayanan Publik, telah tersedia layanan berbagai instansi. Meliputi Dinas Tenaga Kerja, Bank Jatim, Polres Pasuruan, Samsat. Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur, Dispenduk Capil, Pengadilan Negeri dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan.

Penulisan: Abdullah

Editor: Fajar Virgyawan Cahya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here