Pengunjung Takjub, Pantai Tebing Mulai Diminati

Tanah Bumbu, PONTAS.ID – Destinasi wisata Pantai Tebing di desa Sungai Dua Laut Kecamatan Sungai Loban mulai diminati pengunjung dari luar kota. Pantai dengan pasir lembut yang dihiasi dengan hamparan tebing tanah memanjang ini sekilas mengingatkan wisata pantai Parangtritis di Jogyakarta.

Lokasi objek wisata yang berjarak sekitar 50 Km, dari Ibukota kabupaten Tanah Bumbu ini, menjadi salahsatu kekayaan alam di Bumi Bersujud. Karena, selain dikenal pasir lembutnya, setiap pengunjung yang datang langsung disuguhkan landscape menawan.

Banyak pengunjung yang takjub dengan destinasi ini. Seperti salahsatu pengunjung bernama Muhammad Afriansyah yang berasal dari Desa Karang Bintang, mengaku sudah pernah dua kali mengunjungi tempat ini. Ia merasa tempat ini sangat indah dan sungguh menawan.

“Keberadaannya memiliki arti ketenangan dan keasrian yang masih terjaga, dan belum banyak masyarakat mengetahui lokasinya,” kata Afri, Minggu (25/7/2021).

Afri mengungkapkan, awalnya mengetahui informasi destinasi ini dari orang-orang pecinta alam. “Karena penasaran, kami mengajak lima rekan untuk mengunjungi Pantai Tebing. Kita menempuh jarak sekitar tiga jam untuk sampai ke lokasi ini,” kata dia.

Menurutnya, suasana pantai ini begitu nyaman dinikmati sembari bersantai, camping dan bermain voli pantai. Area lingkungan pantai juga masih sejuk, asri dan belum banyak sentuhan manusia.

“Saran saya lebih diekspose aja, tempatnya asyik ditemani tebing yang menghadap ke laut, dikelilingi pepohonan hijau dan rindang,” ujarnya.

Meski dinilainya cukup sempurna, namun masih ada kekurangan yang harus dibenahi di pantai ini. Misalnya rambu penunjuk arah menuju wisata belum ada.

“Pantai bagus, namun terletak di daerah terpencil dengan jalan masuk dengan kondisi bebatuan sekitar 1,5 Km dari jalan aspal. Karena itu perlu papan penunjuk lokasi,” imbuhnya.

Sementara pengunjung yang lain, Djalu Aji Pratomo, mengungkapkan pantai ini memiliki gradasi tiga warna yaitu coklat, hijau dan biru. Fenomena ini membuat pengunjung terpukau.

“Aku baru pertama kali kesini sama teman dan keluarga pakai kendaraan bermotor, semua senang datang ke tempat ini, sejak awal sudah terpesona,” ungkapnya.

Jali menambahkan, tempat ini sangat cocok untuk anak muda sekarang. Selain lingkungannya tidak tercemar sampah dan Panorama semakin mengesankan kala menyaksikan sunrise atau matahari terbit, pantai ini juga menyediakan ayunan yang terbuat dari kayu. “Penduduknya juga ramah dan sopan,” tambahnya.

Sebelumnya, warga setempat, H Burhanuddin membenarkan wisata pantai ini memang mulai diminati pengunjung begitu informasi keberadaannya mulai tersebar luas ditengah masyarakat luar. “Mereka yang berkunjung dominan datang dari jauh, seperti pelajar Banjarbaru,” jelas Burhan.

“Pantai Tebing ini aman dan damai. Ada wisata pemancingan ditengah lautnya juga, bisa sewa kapal nelayan sekitar dan terumbu karangnya juga bagus,” ungkap Burhan.

Untuk bisa mencapai lokasi ini, lanjut Burhan, pengunjung bisa melalui pintu gerbang Desa Damar Indah. “Kemudian melintasi dua desa, dari jalan Raya Provinsi, berjarak sekitar 6 Km,” tutupnya.

Sebagai informasi, destinasi wisata ini tanpa dipungut biaya alias gratis. Pantai Tebing sendiri menawarkan keindahan alami yang seru, bisa berwisata di alam bebas dan menyalurkan hobi pengunjung. Sehingga objek wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, rekan kerja maupun para sahabat.

Penulis: Zainal Hakim
Editor: Ahmad Rahmansyah.

Previous articleSatpol PP Kebayoran Lama Jaring 23 Pelanggar Tibmask
Next articlePercepat Penyembuhan Covid-19, Walikota Jakut Maksimalkan Fungsi Kader Pulih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here