MPR Sayangkan Aksi Kekerasan Aparat ke Masyarakat Saat PPKM Darurat

Aksi Kekerasan Satpol PP ke Masyarakat selama PPKM Darurat
Aksi Kekerasan Satpol PP ke Masyarakat selama PPKM Darurat

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua MPR Bambang Soesatyo mengaku kecewa dalam peraturan PPKM Darurat saat ini banyak ditemukan aksi kekerasan kepada masyarakat yang dilakukan aparat selama menjalankan tugansya.

“Menyayangkan adanya upaya pendisiplinan masyarakat yang menggunakan kekerasan dan eksesif di tengah kesulitan masyarakat saat PPKM Darurat berlangsung, dan diharapkan aparat penegak hukum ataupun Satpol PP sebagai penegak peraturan daerah dapat menjalankan profesinya sesuai kode etik dan nilai-nilai kemanusiaan,” katanya dalam siaran pers, Senin (19/7/2021).

Pria akrab disapa Bamsoet ini meminta pemerintah untuk melakukan evaluasi terhadap upaya pendisiplinan masyarakat yang dilakukan aparat (Satpol PP) di seluruh Indonesia, guna meminimalkan penegakan hukum yang tidak mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan.

“Meminta pemerintah untuk terus menekankan agar penegakan hukum dalam pelaksanaan PPKM Darurat dilakukan dengan cara-cara humanis, santun, manusiawi namun tetap tegas. Mengingat, pemberlakukan PPKM dimaksudkan untuk keselamatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” tegasnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here