Bahas KUA/PPAS, DPRD Trenggalek Gelar Rapat Paripurna

Trenggalek, PONTAS.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Trenggalek menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian penjelasan Kebijakan Umum Anggaran/Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA/PPAS) Pemkab Trenggalek tahun 2022.

Rapat ini digelar secara virtual, anggota rapat paripurna dibatasi, hal ini dilakukan untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Rapat tersebut bertempat di aula paripurna gedung DPRD Trenggalek.

Samsul Anam selaku Ketua DPRD Trenggalek mengatakan, rancangan KUA/PPAS Pemkab Trenggalek tahun 2022 yang disampaikan oleh Bupati kepada DPRD tersebut, disusun berdasarkan aturan dan arahan dari pemerintah pusat.

Hal itu untuk mematuhi regulasi, sedangkan DPRD dalam hal ini hanya mendengarkan penyampaian KUA PPAS. Selanjutnya akan dibahas pada Juli dan diwajibkan selesai dalam waktu satu bulan.

Dalam pelaksanaan rapat paripurna, Bupati menyampaikan gambaran kekuatan APBD serta program prioritas tahun 2021-2026. Seperti pemulihan ekonomi 100 desa wisata yang menurun, dampak dari wabah Covid-19.

“Namun dalam hal ini kita masih perlu membahas, apakah APBD akan terkoreksi lagi sehingga asumsi itu akan menjadi pertimbangan,” ungkapnya, Senin (19/7/2021).

Samsul berharap, semoga dengan pelaksanaan Rapat Paripurna Penyampaian KUA PPAS APBD Tahun Anggaran 2022 ini semakin meningkatkan kualitas bagi pelaksanaan pembangunan daerah.

Dalam hal ini agar program dan kegiatan yang direncanakan oleh SKPD lebih realistis, terukur serta akuntabel. Penyusunan APBD, pada dasarnya bertujuan untuk menyelaraskan kebijakan ekonomi makro dan sumber daya yang tersedia.

“Mengalokasikan sumber daya secara tepat sesuai kebijakan pemerintah dan mempersiapkan kondisi bagi pelaksanaan pengelolaan anggaran secara baik,” ungkapnya.

Penulis: Saelan

Editor: Fajar Virgyawan Cahya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here