MPR Apresiasi Jepang Hibahkan Vaksin AstraZeneca ke Indonesia

Syarief Hasan
Syarief Hasan

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua MPR Syarief Hasan mengapresiasi atas kedatangan 998.400 dosis vaksin AstraZeneca yang tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Kamis, (1/7/2021).

Vaksin hibah Pemerintah Jepang kepada Indonesia ini merupakan bagian tahap ke-19 dari seluruh penerimaan vaksin Covid-19.

Kedatangan vaksin AstraZeneca dari Jepang ini menambah total vaksin AstraZeneca di Indonesia menjadi 9.226.800 dosis. Sementara itu, total vaksin yang masuk ke Indonesia dari semua merk yang ada sebesar 99.226.800 dosis. Vaksin tersebut akan diberikan kepada masyarakat, khususnya kelompok-kelompok rentan Covid-19.

“Saya atas nama pribadi, Pimpinan MPR, dan Partai Demokrat menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas bantuan hibah vaksin yang diberikan Pemerintah Jepang,” katanya dalam siaran pers, Jumat (2/7/2021).

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini menyebutkan, Pandemi Covid-19 menuntut kerja sama antar semua negara yang ada di dunia.

“Kita harus saling bahu membahu dan bergotong royong dengan negara-negara lain untuk memastikan bahwa Pandemi Covid-19 dapat teratasi dengan baik,” ungkap Syarief Hasan.

Ia juga menyampaikan, hubungan kerja sama antara Indonesia-Jepang harus terus dipupuk dan lebih ditingkatkan sehingga dapat berlanjut pada sektor investasi, budaya, pendidikan, dan sebagainya

“Hubungan yang baik antara Indonesia dan Jepang ini harus dijaga. Dulu, pada saat bencana tsunami Jepang 11 Maret 2011 di Miyagi Pemerintahan SBY juga memberikan bantuan kemanusiaan bahkan SBY menyumbangkan Perpustakaan yang sampai saat kini masih sangat bermanfaat masyarakat Jepang Harapannya, hubungan yang saling mendukung tersebut dapat berlanjut dan lebih meningkat di masa yang akan datang,” terangnya.

Syarief Hasan juga mengapresiasi kinerja dari Kementerian Luar Negeri RI yang berhasil melakukan diplomasi dengan negara-negara lain.

“Apresiasi tentu patut diberikan kepada Menteri Luar Negeri yang berhasil membangun komunikasi dan hubungan diplomasi yang baik dengan negara lain, termasuk Pemerintah Jepang / dubes Jepang Mr Kanasugi Kenji sehingga membantu proses penanganan Pandemi Covid-19 di dalam negeri, khususnya penyediaan vaksin,” tandas anggota Komisi I DPR ini.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Riana

Previous articleSikap Kritis BEM UI Jangan Dibungkam, Jokowi Arif dan Bijaksana dalam Menyikapinya
Next articleMPR Ajak Masyarakat Patuhi PPKM Darurat Jawa-Bali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here