Kiai Nawawi Sidogiri Wafat, Gus AMI: Beliau Ulama Panutan Bangsa

Jakarta, PONTAS.ID – Salah satu ulama panutan bangsa Indonesia, KH. A Nawawi Abdul Djalil, meninggal dunia pada Minggu (13/6/2021) pukul 16.40 WIB.

Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur, ini sempat dirawat di RS Lavalete Malang, kemudian dirujuk ke RSUD Pasuruan hingga akhirnya menghembuskan napas terakhir.

Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar menyampaikan duka yang mendalam atas wafatnya Kiai Nawawi.

Di mata Gus AMI, Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu adalah adalah ulama pengayom dan sangat dihormati.

“Kita kehilangan ulama panutan yang sangat mengayomi. Semoga Allah SWT merahmatinya, amin,” kata pria akrab disapa Gus AMI dalam keterangan pers, Senin (14/6/2021).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menuturkan, Kiai Nawawi adalah seorang ulama yang sangat cinta kepada bangsanya. Kiprahnya untuk bangsa, terutama dalam mencetak anak bangsa yang berkualitas dan memiliki pemahaman keagamaan mumpuni sangat luar biasa.

“Sejak Pondok Pesantren Sidogiri berdiri menjadi salah satu tempat perjuangan santri ketika awal-awal kemerdekaan dan hingga hari ini juga konsisten dengan pendidikan yang salaf, tetapi memiliki kekuatan luar biasa,” ujar Gus AMI.

Cucu dari salah satu pendiri NU KH Bisri Syansuri itu mengaku sangat bersedih karena selama musim pandemi Covid-19, cukup banyak kiai panutan yang wafat.

“Semoga kita semua sebagai anak bangsa bisa meneruskan perjuangan beliau dalam mengawal pembangunan dan pengabdian untuk negeri ini,” kata Gus AMI.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Riana

Previous articleSurvei SMRC: Tren Lonjakan Pemilih PKB Ungguli PDIP, Gerindra dan Golkar
Next articleWacana Pajak Sembako dan Pendidikan Membuat Rakyat Tambah Menjerit, Batalkan saja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here