Antisipasi Covid-19, Bupati Asahan Pimpin Rakor Lintas Sektoral

Asahan, PONTAS.ID  РBupati Asahan, Surya mengajak seluruh pihak untuk saling bersinergi dan terus menjalin koordinasi untuk menyukseskan program vaksinasi massal di Kabupaten Asahan.

Surya menjelaskan, vaksinasi ini bertujuan untuk melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh.

“Vaksinasi merupakan suatu upaya yang bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh dan kelompok/Herd Immunity serta menurunkan kesakitan dan kematian terhadap Covid-19,” kata Bupati saat memimpin rapat Koordinasi lintas Sektoral Satgas Covid-19 di Posko Satgas (Satuan Tugas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, Kisaran, Sumatera Utara, Jum’at (28/5/2021).

Pada rapat yang digelar dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Asahan itu, Bupati menyampaikan harapannya agar seluruh masyarakat lebih menegakkan disiplin dalam melaksanakan Protokol Kesehatan

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan wajib mendukung dan mensosialisasikan program-program Pemerintah Pusat dalam upaya pengendalian Covid-19,” tegas Bupati.

Surya menerangkan, vaksinasi yang akan dilaksanakan Pemkab Asahan itu bersifat massal.

“Rapat Koordinasi ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Asahan dalam pengendalian Covid-19,” terang Surya.

Surya juga menambahkan, dalam pelaksanaan vaksinasi massal nanti harus sesuai Protokol Kesehatan dengan tidak menimbulkan kerumunan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan Elfina, berdasarkan data dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), cakupan pelayanan vaksinasi Covid-19 telah dilakukan sampai 26 Mei 2021.

“Tahap I untuk Nakes (Tenaga Kesehatan) sebesar 2 ribu orang lebih, tahap II untuk pelayanan publik sebesar 4 ribu orang, lansia sebesar 6 ribu orang,” terangnya.

Elfina juga menambahkan, pemberian dosis tahap I dan II di Asahan masih berjalan baik.

Pelaksanaan vaksinasi massal ini, kata Elfina, direncanakan pada 7 Juni 2021 mendatang, yang berlokasi di 8 Puskesmas, yakni Puskesmas Mutiara, Gambir baru, Sidodadi, Air Teluk kiri, Gonting Malaha, Setia janji, Pulo bandring, Hessa air genting.

“Sasaran yang akan divaksin terdiri dari lansia 218 orang, guru-guru TK/Paud 319 orang, dan guru SD 463 orang, dan total ada 1000 orang,” katanya.

Dalam rapat koordinasi lintas sektoral tersebut juga dibahas tentang operasi yustisi dan operasi penyekatan serta layanan rapid test antigen drive thru gratis di pos pengamanan yang dilaksanakan Polres Asahan.

Dalam rapat tersebut, turut hadir unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah seperti Kapolres Asahan, Ketua Pengadilan Negri, Komandan Kodim 0208/AS, Kepala Kejaksaan negri Kisaran (mewakili) dan Komandan Batalyon 126/KC serta Organisasi Perangkat Daerah terkait.

Penulis : Bayu Kurnia Jaya
Editor : Fajar Virgyawan Cahya

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here