Sandiaga Dukung Penuh Pengembangan Desa Wisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, mendukung penuh pengembangan desa wisata sebagai salah satu bentuk kegiatan ekonomi kreatif saat ini. Salah satunya Desa Wisata Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur, yang berhasil meningkatkan penghasilan tahunan desa hingga 100 kali lipat.

“Sesuai dengan semangat kita untuk membangkitkan desa-desa ini, pertama agar ekonomi kita pulih,” kata Sandiaga dalam kunjungannya ke Jawa Timur, dalam dari siaran persnya, Minggu (23/5/2021).

Dalam kunjungannya itu, Sandiaga melihat langsung bagaimana wilayah persawahan seluas satu hektare (ha) di desa itu telah disulap dan bisa menghasilkan keuntungan per tahun hingga Rp1,2 miliar. Padahal sebelumnya, sawah di sana cuma menguntungkan warga sebesar Rp10 juta per tahun.

Ia lantas mengatakan bahwa banyak kegiatan di desa tersebut yang dapat dikembangkan dan memberi keuntungan bagi masyarakat.

“Jadi ada beberapa jenis tanaman yang bisa menembus pasar ekspor sampai ke Jepang. Nilai tambahnya juga peningkatannya luar biasa,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sandiaga berharap, agar pariwisata bisa menggerakkan ekonomi nasional dan membangkitkan semangat serta dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya. di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini.

“Ini yang saya ingin berikan pendekatan ekonomi berkeadilan yang berpihak kepada masyarakat perdesaan,” imbuh Sandiaga.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Malang, Sanusi, mengapresiasi langkah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam menggerakkan ekonomi kreatif masyarakat perdesaan. Pasalnya, manfaat itu dapat dirasakan secara langsung dengan meningkatnya pendapatan masyarakat sekitar di tengah pandemi.

“Kita gerakkan ekonomi kreatif dengan meningkatkan potensi yang ada, dari padi yang 8 ton, sekarang sudah bisa 15 ton,” katanya.

Untuk diketahui, Kemenparekraf saat ini tengah menginisiasi program Anugerah Desa Wisata 2021. Program ini ditujukan agar dari 57 ribu desa di seluruh Indonesia yang memiliki daya tarik wisata tergerak untuk mendaftarkan desanya ke dalam program tersebut.

Dengan begitu, maka promosi terkait perekonomian kreatif dapat semakin memotivasi desa-desa dalam mengembangkan inovasi. Kemenparekraf mencatat setidaknya ada lebih dari 700 desa wisata yang masuk ke dalam data Desa Wisata Indonesia.

Penulis: Stevanny

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here