Dinas Pertanian Kendal Gelar Pasar Murah, Kadis: Bisa Pesan lewat WA

Kendal, PONTAS.ID – Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kendal menggelar Pasar Tani berupa hasil dari petani asli Kendal atau Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kendal dengan harga di bawah pasar. Pasalnya, stabilitas harga dan perputaran ekonomi petani menjadi folus utama Pemkab Kendal membantu para petani dan peternak.

“Bagi masyarakat yang hendak membeli kebutuhan pokok di Pasar Tani dapat langsung mendatangi Kantor DPP atau memesan dengan aplikasi WhatsApp di Nomor 0822 3298 0128,” kata Kadis DPP, Tjipto Wahjono, Selasa (4/5/2021).

Tjipto mengatakan pembelian nantinya akan dilakukan pembatasan atau menggunakan skala wajar penggunaan ukuran rumahan keluarga, “Kalau beras itu maksimal 25Kg. Karena tujuan pasar tani menyasar rumah tangga. Sedangkan komoditi lainnya batasnya disesuaikan dengan kewajaran,” jelasnya.

Adapun beberapa bahan kebutuhan yang dijual oleh DPP diantaranya Beras, Telur, Gula, Bawang Merah, Bawang Putih, Daging Beku dan Cabai. Sementara pelaksanaan pasar tani berlangsung selama tiga hari sejak kemarin hingga 6 Mei 2021.

Terkait stok yang dimiliki oleh DPP setidaknya telah menyediakan beras segar (TTI) sebanyak 3 ton, beras mentik wangi 300 Kg, gula pasir curah 400 Kg, gula pasir kemasan 400Kg, bawang merah 200Kg, bawang putih kating 150 Kg, jambu kristal 50 Kg, jambu getas merah 200 Kg dan cabai rawit merah 10 Kg.

Lebih lanjut Tjipto mengungkapkan untuk komoditi yang paling sering dicari adalah beras dan relur, dimungkinkan juga cabai rawit lantaran menjelang lebaran permintaan cabai cukup tinggi.

Untuk harga beras segar dengan kemasan 5 Kg dibanderol Rp.44 ribu, bawang merah Rp.24 ribu per Kg dan telur Rp.21 ribu Kg. “Beberapa harga lain dapat dilihat langsung melalui nomor layanan via WhatsApp,” katanya.

Sementara itu, bu Ghofur (50) asal Langenharjo, mengaku sangat terbantu dengan adanya pasar tani yang digelar, menurutnya harga yang ditawarkan memiliki selisih dari pasaran.

“Lumayan ini harganya cukup ada selisih dari pasaran, sehingga kita sangat terbantu apalagi kebutuhan juga tinggi kalau di bulan puasa ini,” ujarnya.

Penulis: Prawoto
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleOperasi Ketupat Seligi 2021, Polda Kepri Gelar Pasukan
Next articleWalikota Jakut Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Jaya 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here