Cegah Banjir, PUPR Kebut Pengerjaan Drainase di Akses Jalan Bandara Juanda

Jakarta, PONTAS.ID – Dalam mengatasi genangan air di musim hujan dan memperlancar arus lalulintas menuju Bandara Juanda Surabaya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur – Bali menyelesaikan penanganan Drainase Akses Jalan Bandara Juanda Surabaya.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR mengatakan, penanganan drainase pada jalan akses menuju Bandara Juanda Surabaya merupakan jalan nasional dibawah tanggung jawab BBPJN Jawa Timur – Bali namun perlu bersinergi dengan pemangku kepentingan lainnya agar lebih cepat dan tuntas.

“Penanganan drainase jalan akses bandara tersebut sangat penting karena menghubungkan objek vital dan strategis. Kita pastikan akses menuju bandara ini tidak tergenang air,” katanya saat meninjau penanganan drainase jalan akses menuju Bandara Juanda dalam keterangan resminya yang diterima PONTAS.ID, Jumat (30/4/21).

Menurut Endra, kalau kita lihat dari hasil peninjauan, air yang masuk ke saluran drainase baik sisi kiri maupun kanan jalan bukan hanya dari jalan saja tetapi juga dari permukiman warga dan sawah-sawah.

“Artinya ke depan kita harus melihat lagi masterplannya untuk diintegrasikan, baik dari pihak pengelola Bandara Juanda, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, BBWS Brantas, dan BBPJN Jatim-Bali untuk duduk bersama menyelesaikan pekerjaan lanjutan. Penanganan drainase ini sudah dikerjakan, namun harus dilihat kembali jika nanti hujan datang masih terjadi banjir atau tidak,” terang Endra.

Endra menambahkan, penanganan drainase akses jalan Bandara Juanda telah dilakukan sejak 18 Agustus 2020 oleh kontraktor pelaksana PT. Cempaka Mas Sejati dengan anggaran sebesar 62 miliar rupiah dari APBN 2020,” Saat ini progres pekerjaan telah mencapai 93 %, dan mudah-mudahan akhir Mei 2021 bisa selesai,” ujar Endra.

Sementara Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur – Bali Achmad Subki mengatakan, lingkup pekerjaan berupa saluran kiri dan kanan sepanjang 4,25 km, tiga buah crossing drainase sepanjang 150 meter, 8 saluran pembagi, dan perbaikan trotoar sepanjang 4,25 km.

“Adapun pembangunan drainase tersebut menggunakan Boxculvert dan U- ditch di sepanjang jalan akses Bandara Juanda Surabaya mulai dari pertigaan Aloha hingga arah timur ke bandara Juanda Surabaya,” tandasnya.

 

Penulis: Rahmat Mauliady

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleIni Tiga Kejanggalan Penggunaan Dana BOS di SMKN 39
Next articleMPR Upayakan Realisasikan Haluan Negara Tahun 2023

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here