Menparekraf: RI Bersiap Hadapi Kebangkitan Pariwisata

Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno, memastikan bahwa pariwisata Indonesia segera bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

Sandiaga bilang, program vaksinasi Covid-19 yang sudah berjalan juga diyakini mampu mempercepat pemulihan ekonomi.

“Kita bersiap menghadapi kebangkitan pariwisata,” kata Sandiaga, dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa (2/3/2021).

Mantan Wagub DKI Jakarta itu memaparkan, ada beberapa strategi yang disiapkan menyambut kebangkitan pariwisata, yakni inovasi produk, destinasi wisata sesuai tren, adaptasi, serta kolaborasi. Namun, dia bakal memprioritaskan pariwisata bagi wisatawan dalam negeri dulu.

“Kemudian adaptasi dengan tetap disiplin protokol kesehatan dengan mendorong destinasi bersertifikasi CHSE (clean, health, safety, dan environmental sustainability),” papar dia.

Sandiaga mengatakan, pandemi Covid-19 mengubah tren pariwisata. Wisatawan cenderung mengurangi transit dan kontak fisik.

“Sekarang yang banyak dicari adalah pariwisata berbasis budaya berbasis alam terbuka. Dari tadinya hanya melihat laut pasir putih dan sinar matahari sekarang mencari keheningan dan keberlanjutan,” tutur dia.

Sandiaga juga akan menyiapkan pembukaan destinasi wisata di zona hijau atau tidak ada kasus covid-19. Pembukaan destinasi wisata ini untuk menarik perhatian turis mancanegara.

Lebih lanjut, Sandiaga pun optimistis sektor pariwisata segera bangkit usai program vaksinasi Covid-19 secara nasional. Terlebih, vaksinasi sudah menyasar sekolah pariwisata di daerah.

“Kita harapkan ini bisa menggeliat dan memulihkan pariwisata dan ekonomi kreatif serta bisa melewati masa-masa sulit pandemi,” pungkas Sandiaga.

Penulis: Stevanny

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here