Sah! KPU Tetapkan Saidi-Habib Pemenang Pilkada Banjar

Bupati dan Wakil Bupati Banjar Periode 2021-2024, Saidi Mansyur – Habib Idrus Al Habsyi

Kabupaten Banjar, PONTAS.ID – Gugatan sengketa Pilkada Banjar di Mahkamah Konstitusi (MK) resmi tidak dilanjutkan ke tahap pembuktian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat menggelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Pilkada Banjar 2020 di Tree Park Hotel kecamatan Kertak Hanyar, Jumat (19/2/2020).

Dalam rapat pleno terbuka tersebut, KPUD Banjar menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar nomor urut 1, Saidi Mansyur – Habib Idrus Al Habsyi, peraih suara 141.619 atau 48,64 persen dari total suara sah, sebagai pemenang dalam Pilkada serentak tahun 2020 serta menjadi Bupati dan Wakil Bupati Banjar terpilih periode 2021-2024.

Di bawahnya, pasangan calon nomor urut 3, Rusli – Fadhlan Asy’ari memperoleh 112.004 suara, diikuti pasangan calon nomor urut 2, Andin Sofyannoor – Syarif Bustomi yang hanya memperoleh 37.517 suara masyarakat Kabupaten Banjar.

Ketua KPUD Banjar, Muhaimin, mengatakan, dengan ditetapkannya pasangan calon pengusung slogan Manis (Maju, Mandiri, Agamis) ini sebagai Bupati dan Wakil Bupati Banjar terpilih periode 2021-2024, maka Pilkada Banjar tahun 2020 dipastikan selesai.

“Kita semua sangat menunggu hari ini untuk menetapkan Bupati dan Wakil Bupati Banjar terpilih. Kita syukuri bersama proses ini lebih cepat dibanding tiga puluh kabupaten dan kota lainnya yang masih berproses di mahkamah Konstitusi,” ucap Muhaimin, dalam sambutannya.

Ditambahkan dia, KPUD Banjar mengapresiasi semua pihak yang berkontribusi dalam pelaksanaan Pilkada Banjar hingga berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Terlebih, masyarakat yang membantu dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada Banjar dengan datang ke bilik suara memberikan hak suaranya,” sambung Muhaimin.

Di tempat sama, Bupati Banjar terpilih periode 2021-2024, Saidi Mansyur, turut mengapresiasi masyarakat Kabupaten Banjar yang sudah memenangkannya dalam pesta demokrasi pemilihan pemimpin tertinggi birokrasi Pemkab Banjar.

“Pekerjaan yang akan dilakukan setelah resmi dilantik tentu pemulihan ekonomi dan perbaikan infrastruktur pasca-banjir ditengah pandemi covid-19. Ini sudah tentu merupakan tugas berat, namun jika dikerjakan dengan ikhlas maka akan berjalan lancar dan sesuai harapan,”  tutup Saidi Mansyur.

Penulis: Mohammad Apriani

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here