Sertijab Kapolri, Menanti ‘Polri yang Presisi’ di Tangan Jenderal Sigit

Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai sertijab di gedung Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (27/1/2021)

Jakarta, PONTAS.ID – Jenderal Idham Azis menjadi panutan dan teladan bagi Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Hal itu disampaikan Jenderal Sigit usai menerima panji Tribrata Polri dari Jenderal Idham Azis dalam serah terima jabatan (Sertijab) di gedung Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (27/1/2021).

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Jenderal polisi Idham Azis beserta ibu yang berkenan hadir di tengah keluarga besar Polri,” kata Sigit.

Acara kali ini kata Sigit merupakan ungkapan rasa cinta dan terima kasih keluarga besar Polri kepada Idham Azis yang telah mendarmabaktikan segenap jiwa jiwa dan raga kurang lebih 33 di Polri.

“Namun demikian kami menyadari sepenuhnya cara ini tidak dapat merangkum dan melukiskan pengapian panjang yang telah Bapak persembahkan kepada Polri dan masyarakat bangsa dan negara,” sambung dia.

Selama menjabat sebagai Kabareskrim (sebelum ditunjuk sebagai Kapolri), Sigit mengaku mendapat dukungan dari Idham sebagai Kapolri saat itu. “Berbagai prestasi yang kami capai tentu berkat dukungan dan arahan beliau,” kata dia.

Upacara Sertijab Kapolri di gedung Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (27/1/2021)

Dukungan Senior
Selain kepada Idham Azis, Sigit juga mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, termasuk para seniornya di Polri.

“Kami ucapkan terima kasih atas seluruh dukungan dari masyarakat, sesepuh, para senior dan juga seluruh anggota Polri di manapun berada atas terlaksananya kegiatan pelantikan hari ini,” katanya.

Jenderal Sigit mengaku siap untuk mengemban tugas sebagai pucuk pimpinan Korps Bhayangkara dan akan menerapkan Polri yang tegas tapi tetap humanis.

“Bagaimana kita memberikan pelayanan secara transparan dan bagaimana kita mampu memberikan penegakan hukum secara berkeadilan, ini tentunya menjadi tugas kami ke depan,” ucap Jenderal Sigit.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga bicara terkait tantangan ke depan di tengah pandemi Corona. Dia menegaskan bahwa keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi.

“Dan bagaimana Polri membantu mengawal pertumbuhan ekonomi nasional sehingga kita semua bisa terlepas dari situasi yang ada dan ekonomi bisa kembali tumbuh,” lanjut Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Upacara Sertijab Kapolri di gedung Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (27/1/2021)

Polri yang Presisi
Sebelumnya, Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menerima tongkat kepemimpinan korps Bhayangkara dari Jenderal Idham Azis sesuai dengan keputusan presiden (Keppres) Nomor 5/Polri/2021.

Sertijab digelar Sertijab ini sekaligus penyerahan kepemimpinan Ibu Bhayangkari dari Ny. Fitri Idham Azis ke Ny. Juliati Sigit Prabowo.

Prosesi Sertijab diawali dengan penyerahan panji-panji Bhayangkara dari Jenderal Idham Azis ke Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Selanjutnya, Ny. Juliati Sigit Prabowo juga menerima tongkat kepemimpinan ibu Bhayangkari sekaligus ibu asuh Polwan.

Sigit mengatakan siap mengemban tugas sebagai pimpinan Polri daan akan menggandeng semua pihak baik senior maupun junior untuk mewujudkan Polri yang Presisi atau Pemolisian prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.

“Penunjukan saya sebagai Kapolri merupakan suatu amanah yang sangat besar untuk dipertanggungjawabkan tidak saja kepada hukum dan peraturan perundang-undangan kepada pemimpin negara masyarakat dan negara tetapi juga kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” ungkapnya.

Upacara Sertijab dihadiri oleh pejabat utama Mabes Polri seperti Wakapolri Komjen Gatot Eddy Prabowo, Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto dan lain-lain. Sertijab ini juga menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat serta disiarkan secara virtual dan dihadiri oleh seluruh Polda.

Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor: Ahmad Rahmansyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here