Tangkal Corona, 243 Nakes RSUD Cengkareng Vaksinasi

Jakarta, PONTAS.ID – Rumah Sakit Umum Daerah Cengkareng, Jakarta Barat saat ini telah menerima 640 Vaksin Sinovac Covid -19.

Vaksinasi itu akan diberikan kepada para tenaga kesehatan (nakes) yang sudah mendaftarkan diri sebagai penerima Vaksin dengan melalui berbagai tahapan.

“243 nakes sudah di vaksin, untuk vaksin yang sudah kami terima saat ini 640,” ungkap Iwan, penanggung jawab Medical Check up (MCU) yang juga sebagai Koordinator Kegiatan Vaksin tenaga kesehatan, saat ditemui PONTAS.id, di RSUD Cengkareng Kamis, (21/1/2020).

Ia menjelaskan, bagi tenaga kesehatan penerima vaksin yang sudah mendaftarkan diri melalui aplikasi, maka harus melewati beberapa tahapan selanjutnya untuk mendapatkan Vaksin tersebut.

“Ada tiga tahapan bagi penerima vaksin, yaitu registrasi penginputan data, pemeriksaan secara fisik, lalu ada 16 tanya jawab, selanjutnya pemberian Vaksin, yang terakhir observasi selama tiga puluh menit setelah menerima vaksin,” terang Iwan.

Sejauh ini, Iwan menambahkan, para tenaga kesehatan yang sudah mendapatkan vaksin tidak ada yang merasakan gejala yang berlebihan.

“Vaksin Sinovac -19, aman digunakan, paling yang dirasakan cuma nyeri sesaat, dan ngantuk,” Jelas Iwan.

Pada kesempatan yang sama, salah satu tenaga kesehatan yang menerima vaksin mengungkapkan tidak memiliki dampak yang membahayakan bagi tubuhnya.

“Cuma berasa pegel aja setelah di suntik, ini masih disuruh menunggu 30 menit, untuk dilihat perkembangan lanjutannya,” ujar Atika

Sekedar Informasi, tenaga kesehatan yang sudah menerima Vaksin Sinovac akan mendapatkan Kartu Vaksinasi Covid-19 serta status pemberian lanjutan imunisasi yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan.

kartu ini dapat digunakan untuk bepergian ke luar kota serta sebagai dokumen pelengkap.

 

Penulis : Deddy Muttaqin

Editor : Rahmat Mauliady

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here