Bantu Bangkitnya Ekonomi, Legislator PKS Beri Bantuan Ke UMKM

Jakarta, PONTAS.ID – Masa pandemi yang terjadi saat ini berdampak serius pada sektor ekonomi.

Banyak perusahaan tutup yang menyebabkan lebih dari 3 juta kepala keluarga kehilangan pekerjaan.

Data BPS menyebutkan angka kemiskinan bertambah menjadi 9,7 juta jiwa akibat pandemi Covid 19.

Bahkan angka perceraian pun meningkat drastis disebabkan kesulitan ekonomi.

“Kondisi berat inilah yang harus dihadapi oleh keluarga-keluarga Indonesia, khususnya menjadi tantangan yang berat bagi kaum ibu sebagai pilar keluarga,” kata Anggota Komisi XI DPR, Anis Byarwati dalam keterangan pers, Senin (28/12/2020).

Anis pun mengapresiasi kepada para Ibu yang tangguh. Para ibu yang di masa pandemi yang semakin sulit ini harus mendampingi anak-anaknya untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dari rumah, mendukung ketahanan keluarga saat senang maupun sempit, mengelola keuangan keluarga saat terdampak secara ekonomi, dan lain sebagainya.

“Semua beban sekaligus tantangan tersebut dipastikan menguras energi, menguras pikiran dan menguras emosi. Namun para ibu memiliki kekuatan bertahan yang luar biasa. Tetap teguh dan mengupayakan suasana tenang (Sakinah), penuh cinta (mawadah) dan kasih sayang (rahmah) di dalam keluarga,” tutur politikus PKS ini.

Melanjutkan penjelasannya, Anis mengatakan bahwa ia tidak berdiam diri melihat situasi berat ini.  Ia bersama partainya terus berbuat untuk membantu keluarga dan usaha masyarakat agar bisa bangkit dan berkembang.  Salah-satunya, di pertengahan bulan Desember ini Anis menyampaikan bantuan untuk UMKM yang diadvokasi olehnya dalam program kemitraan PSBI.

Sebanyak 70 unit UMKM di Jakarta Timur mendapatkan bantuan barang untuk peningkatan usaha senilai Rp 780 juta.  Bantuan diberikan dalam bentuk peralatan-peralatan sesuai bidang usaha masing-masing.

“PKS berkomitmen untuk membantu bangkitnya aktivitas ekonomi masyarakat melalui bantuan-bantuan yang diberikan kepada UMKM.  Bukan hanya bantuan sarana usaha, tetapi juga bantuan pembinaan dan pendampingan untuk memastikan agar sarana usaha yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Selain bantuan untuk UMKM, melalui program kemitraan ini juga telah digulirkan bantuan ekonomi keluarga berupa Warung Modern dan Warung Pintar serta bantuan pendidikan untuk lembaga-lembaga PAUD di wilayah Jakarta Timur,” terangnya.

Lebih lanjut legislator dari daerah pemilihan Jakarta Timur ini menyampaikan, salah satu tugasnya selaku wakil rakyat adalah menampung semua aspirasi masyarakat dan memperjuangkan kepentingan masyarakat.

Penulis: Luki Herdian

Editor: R Mauladiy

Previous articleGenjot Ekonomi Kawasan Perbatasan, Pemerintah Wujudkan PLBN di Natuna
Next articleDampak Pandemi, Jumlah Tenaga Kerja Industri Manfaktur Turun 1,45 Juta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here