Menkeu Ragukan Vaksin Corona Percepat Pemulihan Ekonomi

Sri Mulyani Menteri Keuangan, (Foto:Ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan penemuan vaksin covid-19 tak serta merta mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Pasalnya butuh waktu lama sampai kebutuhan vaksin untuk seluruh masyarakat Indonesia tercukupi.

Selama masa produksi tersebut, masyarakat masih harus menjalankan protokol kesehatan dengan ketat untuk meminimalisir terjadinya penularan.

“Meski muncul harapan dan pembahasan tentang penemuan vaksin, namun akan membutuhkan waktu lebih lama bagi tiap negara untuk dapat mengatasi covid-19 yang sejalan dengan tujuan untuk memulihkan perekonomian,” kata Sri Mulyani, Kamis (17/9/2020).

Ia juga menyampaikan meski koreksi pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih baik ketimbang negara-negara lain di Asia, bukan berarti pemerintah sudah dalam kondisi aman dari krisis.

Apalagi tanda-tanda pemulihan ekonomi yang muncul sejak Juli lalu seperti membaiknya Purchasing Managers Index (PMI) dan meningkatnya mobilitas masyarakat tak cukup kuat untuk mempercepat pemulihan di kuartal III.

“Masih terlalu dini untuk memperkirakan pemulihan ketika kita masih berjibaku dengan covid-19,” imbuhnya.

Ia sebelumnya memang memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2020 terkontraksi lebih dalam dari prediksi batas bawah (lower end) karena PSBB DKI.

“Estimasi kami untuk pertumbuhan ekonomi 2020 di kuartal III seperti yang sudah saya sampaikan di DPR beberapa kali, di kisaran 0,0 persen hingga minus 2,1,” tuturnya.

Prediksi pertumbuhan ekonomi di kuartal IV juga belum berubah di kisaran 0,4 persen sampai 3,1 persen. Secara tahunan, pemerintah memperkirakan pertumbuhan ekonomi berada di kisaran minus 1,1 persen hingga 0,2 persen.

“Secara total 2020, proyeksi kami masih di kisaran minus 1,1 persen hingga 0,2 persen. Namun, mungkin tone-nya kami melihat dalam kisaran ini karena seperti yang terjadi di DKI Jakarta kami harus persiapkan kemungkinan kita berada di lower end,” tandasnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articlePelni Pastikan Operasikan Tol Laut Sesuai Regulasi
Next articleLarang Mahasiswa Berpolitik, Indonesia Bisa Kehilangan Tunas Berkualitas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here