Tren Kasus Menurun di Sergai, Gugas: Covid-19 bukan Aib

Sergai, PONTAS.ID – Dua warga kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yakni, S (37) asal Seirampah dan SL (15) asal Perbaungan dinyatakan dari virus Corona setelah sempat menjalani perawatan di rumah sakit. Keduanya dinyatakan sembuh berdasarkan hasil pengujian Polymerase Chain Reaction (PCR) Test.

Hal ini dikatakan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sergai, Akmal di Posko Gugus Tugas Covid-19, Seirampah, Senin (29/6/2020).

“S sebelumnya dinyatakan positif dan dirawat di RSAL dr. Komang Makes Medan serta SL juga dinyatakan positif dan dirujuk di RSUD Deli Serdang,” kata Akmal.

Dijelaskan Akmal, hingga hari ini, dari total 17 positif Covid-19 asal Sergai, 14 orang telah dinyatakan sembuh dan kembali berkumpul bersama keluarga masing-masing. “Tersisa dua warga Sergai yang masih menjalani perawatan yaitu IS dan HS. Dan 1 warga Dolok Masihul yang meninggal dunia,” imbuh Akmal.

Akmal yang juga Kepala Dinas Kominfo (Kadis Kominfo) ini mengingatkan jika ada warga terpapar Covid-19, bukanlah merupakan aib. β€œIni dapat disembuhkan dengan penanganan medis yang tepat,” terang dia.

“Sebaliknya, jika ada masyarakat yang ternyata positif Covid-19 tapi memilih diam dan menutup-nutipi kondisinya karena berbagai alasan, maka bisa sangat membahayakan, baik bagi diri sendiri, keluarga bahkan lingkungan dan ini bisa menghasilkan efek buruk berantai yang lebih luas,” katanya.

Akmal juga mengingatkan, kesembuhan jangan diartikan bahwa pandemi sudah usai, terlebih dengan tidak adanya penambahan baru kasus Covid-19 di Sergai dalam dua pekan terakhir.

“Justru, ini menjadi motivasi bagi kita untuk tetap menjaga kesadaran dan kewaspadaan. Tetap jalankan protokol kesehatan seperti memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, rajin cuci tangan, hindari kontak fisik dan keramaian. Serta jaga kesehatan dengan rutin olahraga dan konsumsi makanan bergizi,” paparnya.

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here