Mulai 1 Juli, KA Bandara Soetta Beroperasi Lagi

Kereta Bandara (ist)

Jakarta, PONTAS.ID – PT Railink menyatakan akan mulai kembali mengoperasikan KA Bandara Soekarno-Hatta secara bertahap mulai 1 Juli 2020 mendatang.

Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Railink, Mukti Jauhari mengatakan operasi dilakukan untuk memberikan alternatif transportasi bagi masyarakat yang akan pergi ke bandara.

Namun, pada tahap awal, Kereta Api Bandara Railink hanya menjual tiket 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia. Penjualan mengacu Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

“Kereta Api Bandara Soekarno- Hatta, Jakarta kembali melayani penumpang mulai 1 Juli 2020 untuk menyediakan akses ke Bandara Soekarno- Hatta dan juga sebagai alternatif akses menuju pusat kota yang lebih aman dan nyaman dengan 50 perjalanan dalam satu hari,” katanya, Jumat (26/6/2020).

Ia menegaskan demi menjamin keamanan dan keselamatan penumpang dari virus corona, pengoperasian kembali Kereta Api Bandara ini tetap dilakukan dengan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat.

Protokol akan mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian Corona virus disease (Covid19) dan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

“KA Bandara sedang mempersiapkan layanan yang lebih prima di tatanan normal yang baru seperti, penerapan protokol kesehatan bagi seluruh petugas Kereta Api Bandara, penyemprotan cairan disinfektan secara berkala, penempatan wastafel, hand sanitizer, menyediakan sabun cuci tangan di dalam toilet KA Bandara serta fasilitas terbaru berupa pemasangan sekat pembatas antar kursi kereta dengan tujuan untuk mengurangi potensi penyebaran virus Corona Disease (Covid-19),” katanya.

Selain itu, Mukti menjelaskan pihaknya juga akan mewajibkan penumpang KA Bandara Railink mengenakan masker, mematuhi jaga jarak antar penumpang. Pihaknya juga akan mengecek suhu tubuh penumpang.

Nantinya calon penumpang, pendamping dan pengunjung yang memiliki suhu badan maksimal 37,3 derajat celcius yang akan diizinkan masuk ke kawasan stasiun.

“Selain itu kami mengimbau para calon penumpang untuk melaksanakan pola hidup bersih dan sehat selama di area Stasiun dan di atas kereta Api Bandara seperti mencuci tangan menggunakan air dan sabun, tidak meludah di sembarang tempat, membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan stasiun kereta api bandara, hindari menyentuh wajah, hindari bersentuhan langsung dengan penumpang lain atau dengan petugas,” katanya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Stevany

Previous articleKadin: 6,4 Juta Pekerja Terkena PHK dan Dirumahkan
Next articleOJK Pastikan 13 MI Tersangka Kasus Jiwasraya Tetap Beroperasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here